CIRI KHAS KELOMPOK JAMUR YANG MEMBEDAKANNYA DENGAN TUMBUHAN DAN HEWAN ADALAH

Ciri Khas Kelompok Jamur Yang Membedakannya Dengan Tumbuhan Dan Hewan Adalah - Jamur tidak memiliki klorofil, sehingga tidak mampu menghasilkan makanannya sendiri. Klorofil sendiri adalah zat hijau dan yang berfungsi untuk melakukan fotosintesis, yakni salah satu cara tumbuhan untuk menghasilkan makanan sendiri.

Jamur bisa dapat bertahan hidup dengan menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang sudah mati. Jadi, jamur akan mengeluarkan zat yang membuat sisa makhluk hidup menjadi terurai. Kalau sudah terurai, sari-sarinya akan diserap oleh jamur sebagai makanannya. Oleh karena itu, jamur juga disebut sebagai parasit. Itulah, yang membedakan jamur dengan tumbuhan.

Soal

Ciri khas kelompok jamur yang membedakannya dengan tumbuhan dan hewan adalah...

A. tidak memiliki dinding sel, memiliki tubuh buah, saprofit
B. tidak memiliki dinding sel, berklorofil, kemoautotrof
C. multiseluler, berklorofil, autotrof
D. tersusun dari hifa, dinding dari kitin, saprofit
E. tersusun dari hifa, dinding sel dari selulosa, heterotrof

Jawaban

Fungi atau jamur memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Mempunyai membran inti (eukariot), tetapi tidak dapat membuat makanan sendiri karena tidak mengandung klorofil [B dan C salah]
  • Bersel banyak (multiseluler) terdiri atas benang-benang halus yang disebut hifa, cabangnya disebut dengan miselium yang berfungsi menyerap makanan
  • Mempunyai dinding sel dari zat kitin [A dan E salah]
  • Ada yang bersifat saprofit dan ada yang parasit
  • Berkembang secara aseksual dengan pertunasan dan pemutusan hifa (fragmentasi), sedangkan seksual dengan membentuk askus spora.
Jadi, ciri khas kelompok jamur yang membedakannya dengan tumbuhan dan hewan adalah tersusun dari hifa, dinding dari kitin, saprofit (D).
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url