SEBUTKAN PERSAMAAN DAN PERBEDAAN TEORI EVOLUSI MENURUT CHARLES DARWIN,LAMARK DAN AUGUST WEISSMAN

Sebutkan persamaan dan perbedaan teori evolusi menurutcharles darwin,lamark dan august weissman - Perbedaan teori evolusi menurut Charles Darwin, Lamark dan August Weissman yaitu terdapat pada latar belakang munculnya proses evolusi. Masing-masing melakukan pengamatan yang menghasilkan teori yang berbeda.

Menurut Charles Darwin evolusi terjadi karena adanya proses seleksi alam. Menurut Lamarck evolusi terjadi karena hasil proses adaptasi makhluk hidup dengan lingkungannya. Menurut August Weissman evolusi adalah proses seleksi alam terhadap faktor genetika.

SEBUTKAN PERSAMAAN DAN PERBEDAAN TEORI EVOLUSI MENURUT CHARLES DARWIN,LAMARK DAN AUGUST WEISSMAN
Teori Evolusi dari 3 Ahli

Pembahasan ne guys

Evolusi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari sejarah, dan asal-usul makhluk hidup serta  keterkaitan genetik antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya. Evolusi dapat diartikan sebagai suatu perubahan pada makhluk hidup yang terjadi secara bertahap, dalam waktu yang cukup lama, dan menghasilkan spesies yang baru. Evolusi mahkluk hidup akan diturunkan kepada keturunannya, karena sifat-sifat yang menjadi dasar evolusi dibawa oleh gen yang diwariskan pada keturunannya. Sifat baru tersebut dapat diperoleh dari perubahan gen yang disebabkan oleh mutasi, transfer gen antar populasi, karena adanya migrasi, serta kombinasi gen melalui reproduksi sosial.

Seleksi alam adalah suatu proses kemampuan alam untuk menyaring terhadap semua organisme yang hidup di dalamnya. Yang mana hanya organisme yang mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya yang akan bertahan dan selamat, sedangkan yang tidak mampu menyesuaikan diri akan mati atau punah. Seleksi alam juga merupakan salah salu mekanisme evolusi. Seleksi alam ini menyebabkan punahnya spesies tertentu, dan terbentuknya spesies baru.

Teori evolusi menurut Charles Darwin yaitu evolusi berlangsung karena adanya proses seleksi alam (natural selection). Seleksi ini terjadi untuk menentukan variasi makhluk hidup yang sesuai dengan alam, sehingga hanya makhluk hidup yang memiliki variasi sesuai yang akan bertahan hidup, yang lainnya akan punah. Beliau menyatakan bahwa jerapah awalnya terdapat beberapa variasi, yaitu berleher panjang dan pendek. Karena kondisi alam menyisakan sumber makanan yang tingi, menyebabkan jerapah berleher pendek tidak dapat mendapat makan dan hanya jerapah berleher panjang yang dapat bertahan. Sehingga jerapah berleher pendek tidak dapat bertahan dan punah.  

Teori evolusi menurut Lamark yaitu, bagian tubuh makhluk hidup akan berubah karena pengaruh dari lingkungan tempat tinggal. Beliau menyatakan bahwa jerapah awalnya memiliki leher pendek, karena kondisi alam yaitu sumber makanan yang terdapat pada ranting yang tinggi, maka jerapah beradaptasi dengan merenggangkan lehernya. Adaptasi tersebut menyebabkan perubahan leher jerapah menjadi panjang seperti sekarang.

Teori evolusi menurut August Weissman yaitu perubahan yang terjadi pada sel tubuh terjadi karena pengaruh lingkungan dan tidak akan diwariskan pada keturunannya. Evolusi adalah proses yang menyangkut seleksi alam terhadap faktor genetika. Individu yang memiliki variasi genetik yang sesuai dengan lingkungan yang akan lestari dan memiliki kesempatan mewariskan gen yang adaptif pada generasi berikut. Berdasarkan percobaan yang dilakukan, yaitu dengan memotong ekor tikus lalu dikawinkan dengan tikus yang ekornya tidak dipotong. Hasilnya, anak tikus yang lahir tetap berekr panjang. Dan anakan tikus tersebut dikawinkan lagi, hasilnya yaitu anakan keturunan selanjutnya tetap berekor panjang. Dan hasil tersebut sama hingga 21 generasi. Sehingga kesimpulannya adalah perubahan sel tubuh yang terjadi karena pengaruh lingkungan tidak diturunkan.

Nah demikian pembahasannya guys. Semoga membantu ya... Jangan lupa untuk di isi kolom keomentarnya jika kalian terbantu.

Maslikhah
Maslikhah Seorang ibu rumah tangga yang memberikan informasi pendidikan dari sumber-sumber website terakurat

No comments for "SEBUTKAN PERSAMAAN DAN PERBEDAAN TEORI EVOLUSI MENURUT CHARLES DARWIN,LAMARK DAN AUGUST WEISSMAN"