JELASKAN MEMBRAN BERISI CAIRAN YANG MELINDUNGI EMBRIO DAN MEMUNGKINKAN JANIN DAPAT BERGERAK DENGAN BEBAS ADALAH

Jelaskan Membran Berisi Cairan Yang Melindungi Embrio - Selama periode embrionik, membran embrio terbentuk. Membran-membran ini di luar embrio dan berfungsi melindungi dan memberi makan embrio.

Membran-membran tersebut adalah sebagai berikut :

a. Kantong kuning telur
Merupakan membran yang dibatasi endoderma. Pada beberapa spesies, kantong kuning telur berfungsi menyediakan nutrisi utama bagi embrio. Pada manusia, kantong ini brerfungsi menyediakan tempat mula-mula bagi pembentukan darah. Kantong kuning telur juga mengandung sel-sel spermatogonium atau oogonium setelah bayi dewasa.

b. Amnion
Merupakan membran pelindung yang tebal. Saat embrio tumbuh, amnion menyelubingi embrio dan membentuk ruang yang berisi cairan amnion. Cairan amnion ini berfungsi melindungi embrio dari gesekan dan membantu regulasi suhu tubuh embrio.

c. Korion
Merupakan derivat dari ektoderma dan mesoderma tropoblas. Korion menjadi bagian utama plasenta. Korion ini menyelubungi amnion dan kantong kuning telur.

d. Alantois
Berupa membran vaskular kecil yang merupakan tempat mula-mula pembentukan darah. Fungsi alantois adalah untuk respirasi, saluran makanan, dan ekskresi.

Soal

Membran berisi cairan yang melindungi embrio dan memungkinkan janin dapat bergerak dengan bebas adalah....
A. karion
B. alatois
C. amnion
D. plasenta
E. sakus vitelinus

Jawaban:

C. amnion

Pembahasan:

Amnion berfungsi melindungi janin dari guncangan, perubahan suhu, serta memungkinkan bayi bergerak dengan bebas.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url