APA SIH ? PERBEDAAN MARAH GALAK DAN TEGAS

Berikut Penjelasan dari Perbedaan Marah, Galak dan Tegas - Nah teman-teman perlu kalian tahu bahwa yang akan kita bahas adalah sesuatu bentuk emosional manusia yang beda-beda tipis. Sekilas sering kali kita salah menyimpulkan orang itu galak, orang itu suka marah-marah, atau sebenarnya orang itu tegas ya..? Memang dalam kehidupan sehari-hari, seringkali ada-ada saja hal yang membuat seseorang marah, mulai dari di lingkungan sekolah, keluarga, bahkan dalam hidup bermasyarakat.

Sedikit pembahasan tambahan buat teman-teman, Menurut Muhammad Utsman Najati, marah adalah emosi alamiah yang akan timbul manakala pemuasan salah satu motif dasar mengalami kendala. Apabila ada kendala yang menghalangi manusia atau hewan untuk meraih tujuan tertentu dalam upaya memuaskan salah satu motif dasarnya, maka ia akan marah, berontak, dan melawan kendala tersebut. Ia juga akan berjuang untuk mengatasi dan menyingkirkan kendala tersebut hingga ia bisa mencapai tujuan dan pemuasan motifnya.

Menurut Mawardi Labay El-Sulthani, marah adalah suatu luapan emosi yang meledak-ledak dari dalam diri yang dilampiaskan menjadi suatu perbuatan untuk membalas kepada orang yang menyebabkan marah.

Dari berbagai pengertian marah tersebut, disimpulkan bahwa marah adalah gejolak emosi yang diungkapkan dengan perbuatan atau ekspresi untuk memperoleh kepuasan.

Marah merupakan reaksi terhadap sesuatu hambatan yang menyebabkan gagalnya suatu usaha atau perbuatan, biasanya bersamaan dengan berbagai ekspresi perilaku. Marah merupakan pernyataan agresif, perilakunya mengganggu orang yang dimarahi bahkan orang-orang disekitarnya. Marah yang bersangatan adalah suatu penyakit.

Oke kalau berdasarkan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), marah sama dengan berang, gusar : sangat tidak senang karena diperlakukan tidak sepantasnya, tidak senonoh, dan sebagainya.

Dan kata galak untuk binatang/hewan artinya sama dengan ganas ataupun garang yang diartikan buas dan suka melawan (menyerang, menggigit, menanduk, dan sebagainya). Kata galak yang ditujukan untuk manusia berarti suka marah, mencaci maki, menghina, mencela, dan sebagainya.

Sedangkan tegas berarti nyata, tentu, pasti, jelas dan terang benar (tidak ragu-ragu, tidak samar-samar).

Dari definisi ketiga kata di atas yakni, marah, galak, dan tegas, tentu saja berbeda bukan antara orang yang cenderung marah dapat dikategorikan menjadi 2 (dua) sifat karakter yakni galak dan tegas.

Oleh karena itu, kemarahan yang timbul bukan dengan dasar alasan yang benar, maka itu tidak baik pada akhirnya bahkan akan dapat menyebabkan perasaan sakit hati dan juga dendam bagi orang yang dimarah tanpa alasan yang jelas.

Berbeda halnya dengan marah yang timbul akibat adanya kesalahan yang nyata, serta sudah terbukti kebenarannya, serta disampaikan dengan bahasa yang tidak terlalu berlebihan serta dengan dasar serta bukti nyata tentu itu malah baik nantinya karena kesadaran untuk memperbaiki kesalahan bagi orang yang dimarah tersebut.

Dalam lingkungan sekolah pun demikian, di mana ketegasan dari seorang guru di sekolah ataupun orang tua di rumah akan sangat berpengaruh pada karakter anak nantinya.

Dan alangkah lebih baiknya jika ketegasan itu disampaikan tetap dengan kalimat serta nada yang lembut serta penuh kasih sayang, agar seorang anak akan dapat menerima semua keputusan dari guru ataupun orang tuanya dengan tanpa tekanan dan keterpaksaan, dan diharapkan akan dapat membangkitkan kesadaran dari anak tersebut untuk memperbaiki diri sesegera mungkin.

Ketegasan diperlukan bagi setiap individu terlebih bagi seorang pemimpin, karena tanpa ketegasan, maka aturan-aturan yang berlaku akan cenderung menjadi formalitas belaka. Dan yang terpenting tegas itu cenderung berdasarkan pada pemikiran yang dilandasi perasaan kasih dan sayang, seperti halnya diberikan hukuman yang setimpal bagi siapapun yang memang bersalah.

Demikian tulisan singkat mengenai perbedaan marah, galak, dan tegas dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan terimakasih…! Jangan lupa untuk berkomentar jika memang artikel ini membantu kalian ya..?
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url