GAMBARKAN STRUKTUR TUBUH BAKTERIOFAGE DAN KETERANGANNYA

Gambarkan struktur tubuh bakteriofag, lengkap dengan keterangan bagian-bagiannya - Hai guys, kali ini kita akan membahas tentang soal biologi terkait dengan bakteriofage. Untuk itu silahkan dibaca pendahuluan ini dulu ya. Bentuk virus sangat bervariasi, misalnya berbentuk seperti bola (isometrik), bentuk oval, bentuk batang, berbentuk jarum, bentuk tangkai memanjang/filamen, berbentuk seperti huruf T dan bentuk seperti berudu katak (mempunyai bentuk seperti kepala dan ekor.

Untuk memudahkan identifikasi virus, bentuk virus dikelompokkan menjadi empat kelompok utama, yaitu sebagai berikut:

1. Virus bentuk spiral (helical)

2. Virus bentuk ikosahedron (polyhedral)

3. Virus berpelindung (enveloped)

4. Virus bentuk kompleks (complex)

Soal

Gambarkan struktur tubuh bakteriofag, lengkap dengan keterangan bagian-bagiannya ?

Jawaban

Bagian-bagian bakteriofage yaitu :

  1. Kepala : bagian berbentuk polyhedral yang mengandung DNA atau RNA.
  2. Ekor : merupakan bagian penginfeksi.
  3. Serabut Ekor : bagian yang digunakan untuk melekatkan tubuh virus ke sel inang.

Pembahasan

Bakteriofage merupakan virus yang menyerang bakteri. Bakteriofag berbeda dengan virus, karena virus hidup dan berkembang biak dalam organisme yang multiseluler, sedangkan bakteriofag hidup dan berkembangbiak dalam organisme yang uniseluler.  

Struktur bakteriofag terdiri atas :

Kapsid , Kapsid merupakan selubung terluar virus yang tersusun atas banyak subunit protein yang disebut kapsomer. Kapsid inilah yang memberi bentuk pada virus sekaligus sebagai pelindung virus dari kondisi lingkungan yang merugikan virus. Bentuk kapsid virus berbeda-beda yaitu polihedral, batang, bulat, oval, dan lain-lain. 

Kepala, Kepala virus berisi materi genetik yaitu berupa DNA dan bagian luarnya diselubungi kapsid. 

Isi tubuh, Bagian isi tersusun atas asam nukleat, yakni DNA saja atau RNA saja. Bagian isi disebut sebagai virion. DNA atau RNA merupakan materi genetik yang berisi kode-kode pembawa sifat virus. Berdasarkan isi yang dikandungnya, virus dapat dibedakan menjadi virus DNA (virus T, virus cacar) dan virus RNA (virus influenza, HIV, H5N1).

Ekor, Ekor virus merupakan alat untuk menempel pada inangnya. Ekor virus terdiri atas tabung bersumbat yang dilengkapi serabut. Pada bagian ekor terdapat lempengan dasar dan serabut ekor yang berfungsi sebagai alat menempel dan tempat penginjeksian DNA ke dalam sel inang. 

Nah gimana pembahasannya, sangat lengkap kan. Untuk itu silahkan kalian pelajari dengan baik dan jangan lupa untuk isi kolom komentar jika memang website ini bermanfaat. Untuk pertanyaan lainnya silahkan kalian request melalui kolom komentar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url