JAWABAN SIKLUS HIDUP AURELIA AURITA SECARA BERURUTAN

Berikut jawaban dari soal Biologi Siklus Hidup Aurelia Aurita - Oke guys kali ini kita akan membahas tentang ubur-ubur. Oleh karena itu kalian perhatikan dengan baik ya. Yang ditanyakan adalah makhluk hidup laut yaitu ubur-ubur. Seringkali disebut juga ubur-ubur bulan, rata-rata ukuran tubuhnya berkisar antara 25-40 centimeter. Hal unik yang dimilikinya berupa struktur fisiknya yang nampak bening dan transparan. Ubur-ubur ini sangatlah indah, apalagi apabila dilihat dalam kondisi minim cahaya, membuatnya tak jarang nampak lebih kebiru-biruan, bening dan transparan.

Klasifikasi Ilmiah dan Habitat

Ubur ubur ini masuk dalam kelas Scyphozoa, Family Ulmaridae dan pada Ordo Semaeostomeae. Habitat hidupnya biasa pada perairan pantai yang mana ada muara sungai didekatnya; perairan yang memiliki kuat arus sedang lagi tenang. Sebarannya hampir bisa ditemui pada seluruh Lautan dunia, terutama daerah lautan tropis.

Keunikan Sistem Tubuh

Ubur-ubur bulan juga terkenal dengan ketahanannya bertahan hidup dalam perairan dengan kadar oksigen rendah, ini memberinya keunggulan terhadap predator lain dalam memangsa salah satu makanan utamanya yaitu zooplankton. Mereka juga banyak memangsa moluska, crustacea, larva urochordata, rotifera, polychaeta muda, telur ikan, protozoa, serta organisme kecil lainnya.

Ubur- ubur bulan Tak Memiliki Sistem Pernapasan

Ubur-ubur bulan bernapas dengan mekanisme difusi oksigen dari air melalui membran tipis yang menutupi tubuhnya; dalam rongga gastrovaskular, air beroksigen rendah dapat dikeluarkan dan air beroksigen tinggi dapat datang dengan tindakan silia, sehingga meningkatkan difusi oksigen melalui sel.

SOAL

Siklus hidup Aurelia aurita secara berurutan adalah....

A. zigot-gastrula-planula-skifistoma-blastula-efra-dewasa
B. dewasa-blastula-zigot-gastrula-skifostoma-planula-efira
C. zigot-skifistoma-efira-blastula-planula-gastrula-dewasa
D. zigot-blastula-gastrula-planula-skifistoma-efira-dewasa
E. skifistoma-efira-zigot-blastula-gastrula-planula-dewasa

JAWABAN

D. zigot-blastula-gastrula-planula-skifistoma-efira-dewasa

PENJELASAN

Siklus hidup Aurelia aurita:
  • Medusa dewasa jantan dan betina diploid (2n) menghasilkan sel gamet (sperma atau telur) yang haploid.
  • Sel telur (n) dibuahi oleh sperma (n) akan menghasilkan zigot (2n). Fertilisasi terjadi secara eksternal didalam air.
  • Zigot akan mengalami pembelahan secara mitosis dan tumbuh menjadi balstula, gastrula, kemudian menjadi larva bersilia Planula yang berenang bebas beberapa waktu.
  • Planula kemudian menempel pada suatu substrat dan tumbuh menjadi larva polip berukuran kecil yang bertentakel, disebut skifistoma. Polip skifistoma dapat membentuk tunas-tunas.
  • Pada bulan-bulan tertentu, skifistoma melakukan strobilasi, yaitu melakukan pembelahan secara melintang pada ujung oral untuk menghasilkan setumpuk bakal medusa atau efira.
  • Efira akan terlepas satu persatu . Setelah efira terlepas semua, skifistoma akan hidup sebagai polip kembali. Skifistoma dapat hidup hingga beberapa tahun. Efira akan tumbuh menjadi ubur-ubur dewasa.
Nah gimana penjelesana di atas sudah bisa kalian pahami kan. Selanjutnya masih ada banyak pertanyaan dan jawaban yang saya akan bagikan kepada kalian. Oleh karena itu silahkan berkomentar di kolom di bawah dan jangan lupa untuk memberikan saran supaya website ini berkembang. Kalau mau request pertanyaan silahkan isi dalam kolom komentar guys. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url