Organ-Organ Tubuh Dari Beberapa Jenis Organisme Adalah Sebagai Berikut

Organ-Organ Tubuh Dari Beberapa Jenis Organisme Adalah - Hai, apa kabar kalian, semoga kabar kalian baik-baik saja. Ohya selalu jaga kesehatan di musim atau masa pandemi sekarang ini. Oke kita kembali lagi membahas tentang soal lagi ya. Langsung saja kita bahas artikel tentang Analogi merupakan bukti evolusi yang terdapat pada beberapa spesies berbeda dan dihasilkan dari leluhur yang berbeda. Analogi dipengaruhi akibat adanya adaptasi terhadap lingkungan yang sama yang dilakukan oleh spesies yang berbeda. Analogi menghasilkan fungsi yang sama pada spesies yang berbeda namun spesies tersebut bukanlah berasal dari leluhur yang sama.

Salah satu contoh analogi adalah yang terdapat pada spesies sugar glider dan tupai terbang. Kedua spesies ini berasal dari leluhur yang berbeda dimana sugar glider merupakan kelompok marsupial sedangkan tupai terbang bukan bagian dari kelompok marsupial yang berasal dari wilayah berbeda. Namun kedua spesies ini memiliki struktur tubuh yang serupa, seperti gambar di bawah ini.

Tupai terbang (kiri) dan sugar glider (kanan). Keduanya tampak memiliki bentuk yang mirip, namun tupai terbang adalah mamalia berplasenta dari Eurasia, sedangkan sugar glider adalah hewan mamalia marsupial dari benua Australia. Kesamaan morfologi di antara keduanya bukan karena kesamaan nenek moyang, melainkan karena kesamaan adaptasi lingkungan.

Soal

Organ-organ tubuh dari beberapa jenis organisme adalah sebagai berikut.
Organ-Organ Tubuh Dari Beberapa Jenis Organisme Adalah Sebagai Berikut
Organ tubuh yang menunjukkan analogi adalah ....

A. (1) dengan (2)
B. (1) dengan (3)
C. (2) dengan (4)
D. (4) dengan (5)
E. (6) dengan (7)

Jawaban :

A. (1) dengan (2)

Pembahasan :

Salah satu petunjuk evolusi adalah anatomi perbandingan dari berbagai macam organisme yang menunjukkan bahwa beberapa kelompok hewan tertentu memiliki struktur dasar yang sama. Homologi adalah organ yang memiliki bentuk dan struktur dasar yang sama tetapi fungsinya berbeda, contohnya sirip paus (untuk berenang) dan sayap burung (untuk terbang). Analogi adalah organ tubuh yang memiliki bentuk dan struktur dasar yang berbeda tetapi fungsinya sama, contohnya sayap capung dan sayap burung yang sama-sama digunakan untuk terbang. Berdasarkan contoh dalam soal, yang termasuk analogi adalah (1) sayap tawon dan (2) sayap burung.

Nah itu tadi gambaran pembahasan kita kali ini, semoga apa yang kita bahas bermanfaat untuk kita semua. Jikalau kalian merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-teman kalian agar semua mendapatkan manfaatnya dan kalian juga mendapat pahala. Terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa untuk meninggalkan jejak di kolom komentar.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url