MANAKAH PERNYATAAN YANG PALING BENAR BERKAITAN DENGAN SISTEM PERNAPASAN

Manakah Pernyataan Yang Paling Benar Berkaitan Dengan Sistem Pernapasan ? - Manakah Pernyataan Yang Paling Benar Berkaitan Dengan Sistem Pernapasan - Organ paru-paru manusia terdiri dari dua buah organ atau sepasang, yaitu kanan dan kiri. Paru-paru terletak di bagian dada tubuh manusia. Paru-paru memiliki tekstur yang kenyal dan berwarna abu-abu merah muda. Paru-paru terdiri dari jaringan-jaringan lain di dalamnya yang berfungsi untuk melakukan pertukaran oksigen dan karbondioksida. Proses pertukaran gas penting untuk menjaga manusia tetap hidup dan asupan oksigen dalam tubuh terpenuhi. Organ paru-paru merupakan salah satu organ penting dalam sistem pernapasan manusia.

Jaringan penyusun organ paru-paru

Jaringan penyusun organ paru-paru yang utama adalah pleura. Pleura merupakan salah satu jenis jaringan tipis yang melapisi dinding organ paru-paru. Lapisan pleura yang tipis dan licin ini berguna sebagai pelumas sehingga paru-paru dapat lebih mudah bergerak (mengembang dan mengempis) saat sedang mengembang dan berkontraksi. Lapisan ini menjaga organ paru-paru supaya tidak terluka atau mengalami kerusakan. Selain itu, ada organ pendukung paru-paru lainnya, seperti hidung, trakea, bronkus, bronkiolus, dan alveolus. Setiap organ pendukung paru-paru juga memiliki jaringan penyusun masing-masing yang berfungsi untuk melindungi dan mempermudah organ dalam melakukan pekerjaan atau fungsi mereka.

Soal

Manakah pernyataan yang paling benar berkaitan dengan sistem pernapasan?

A. Aliran udara dari hidung hingga ke alveolus sesuai dengan hukum Archimedes
B. Pertukaran gas antara oksigen dengan karbon dioksida di dalam tubuh sesuai dengan hukum Dalton
C. Jika volume rongga dada besar, tekanannya berubah menjadi besar sesuai dengan hukum Boyle
D. Frekuensi pernapasan akan meningkat jika berada ditempat yang tinggi sesuai dengan hukum Laplace
E. Tekanan pada alveolus berbanding terbalik terhadap radius dan berbanding lurus dengan tegangan permukaan sesuai dengan hukum Hendry.

Jawaban :

C. Jika volume rongga dada besar, tekanannya berubah menjadi besar sesuai dengan hukum Boyle

Pembahasan :

Secara umum, pernapasan merupakan proses menghirup dan menghembuskan udara. Namun, dalam fisiologi, pernapasan meliputi dua proses, yaitu pernapasan eksternal dan pernapasan internal. Pernapasan eksternal adalah rangkaian proses pertukaran oksigen dengan karbondioksida antara tubuhdengan lingkungan eksternal. Sementara itu, pernapasan internal adalah proses-proses metabolisme penggunaan oksigen serta pembentukan karbon dioksida dan air yang terjadi pada mitokondria di dalam sel (intrasel).

Oksigen diperlukan oleh sel-sel tubuh untuk memproduksi energi. Pada saat proses inspirasi, rongga dada membesar, paru-paru embesar, tekanan udara di paru-paru menjadi rendah sehingga udara dari luar masuk. Sedangkan, pada saat ekspirasi, rongga dada mengecil dan paru-paru pun ikut mengecil. oleh karena volume paru-paru berkurang, tekanan udara di paru-paru menjadi tinggi sehingga udara akan keluar. Jadi, aliran udara di alveolus terjadi karena perbedaan tekanan udara di atmosfer dengan tekanan udara di alveolus.

Perbedaan tekanan udara tersebut disebabkan oleh perubahan volume rongga dada akibat gerakan kontraksi dan relaksasi otot, otot diagfragma, dan otot perut. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Robert Boyle yang kemudian disebut Hukum Boyle (1691).

"Perkalian tekanan dan volume gas dengan massa tetap adalah konstan." Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.


Demikianlah pembahasan tentang soal sistem pernafasan pada manusia. Semoga pembahasan artikel ini selalu memberikan informasi yang terbaik dan akurat untuk kalian. Jangan lupa untuk berbagi informasi ini kepada teman-teman kalian. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url