JELASKAN AKIBAT YANG DITIMBULKAN DARI KEBERAGAMAN SOSIAL BUDAYA

Berikut Jawaban Jelaskan Akibat Yang Ditimbulkan Dari Keberagaman Sosial Budaya - Sudah kita ketahui di Tanah Air ini merupakan bangsa yang banyak etnis , agama dll. Seperti yang kalian lihat dan rasakan di sekitar lingkungan kalian pasti akan bertemu perbedaan tersebut. Kalau dalam islam sendiri perbedaan adalah rahmat. Oke langsung saja kita bahas materi ini, kita kenal  Indonesia menjadi negara dengan berbagai macam jenis suku, etnis,budaya, adat istiadat, kepercayaan, keyakinan, agama, dan perbedaan lainnya.

Itulah yang membuat Indonesia dikenal oleh masyarakat dunia sebagai negara dengan kemajemukkannya. Berbagai macam identitas masyarakat menghiasi warga setempat.

Dalam setiap proses dan hubungan sosial yang dilakukan antar masyarakat beragam harus adanya sikap dan sifat saling toleran.

Karena kalau tidak bisa menjadi suatu konflik yang memunculkan adanya permasalahan di dalam aktivitas masyarakat.

Dimana akan berujung tidak harmonisnya lagi hubungan sosial antar masyarakat karena sudah terjadi konflik disana.

Jenis Jenis Keragaman Sosial Budaya

Indonesia dengan kekayaan budaya pada setiap masyarakatnya mempunyai berbabagi macam bentuk keberagaman sosial budaya yang meliputi, yaitu :

1. Keragaman Bahasa Daerah
2. Keragaman Rumah Adat
3. Keragaman Upacara Adat
4. Keragaman Kesenian Daerah
5. Keragaman Busana atau Pakaian Adat

Nah itulah sekilas beberapa jenis atau macam dari keberagaman masyarakat di Indonesia dalam kehidupan sehari hari di lingkungan sekitar.

Soal :

Jelaskan akibat yang ditimbulkan dari keberagaman sosial budaya!

Jawaban :

Keberagaman masyarakat Indonesia menjadi suatu kekuatan bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Namun di sisi lain adanya keberagaman juga dapat memicu munculnya perselisihan dalam masyarkat. Berikut ini dampak dari adanya keberagaman di Indonesia.

Dampak positif
  • Memperkaya khazanah budaya bangsa Indonesia
  • Menciptakan integrasi nasional
  • Sarana memajukan pergaulan antar suku, agama, budaya, dan golongan
  • Menjadi daya tarik bangsa asing terhadap wisata kebudayaan
Dampak negatif
  • Memicu terjadinya konflik dalam masyarakat. Konflik di masyarakat dapat terjadi di berbagai bidang seperti konflik antar suku, antar agama, konflik vertikal, konflik horizontal.
  • Memicu munculnya sikap primodialisme, pandangan atau ikatan kuat seseorang terhadap tradisi, adat istiadat, kepercayaan, maupun budaya yang ada di lingkungan pertamanya.
  • Munculnya sikap etnosentrsime, pandangan yang menganggap suku atau kebudayaannya lebih unggul dibandingkan dengan suku atau budaya lain.
  • Munculnya sikap fanatisme berlebihan, paham berpegang teguh secara berlebihan terhadap keyakinannya sendiri sehingga menganggap salah keyakinan yang lain.
Demikianlah jawaban dari soal yang dimana dibahas di mata pelajaran PPKn. Harapan admin bisa membantu kalian dalam memahami soal serta jawabannya. Semoga kalian terbantu dan terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url