Silakan Kalian Menuliskan Satu Lembar Surat Kepada Orang Atau Lembaga Terdekat Peserta Didik Untuk Menceritakan Pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945! (Soal Uji Pemahaman PPKN Hal.75 Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka)

Silakan kalian menuliskan satu lembar surat kepada orang atau lembaga terdekat peserta didik untuk menceritakan pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945! (Soal Uji Pemahaman PPKN Hal.75 Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka) - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Halo kawan-kawan pelajar semuanya, sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena sudah berkenan mampir di website saya ini, di website bermanfaat.my.id ini saya akan membagikan berbagai macam hal yang menarik dan tentunya bermanfaat untuk kawan-kawan semuanya.

Spesial untuk artikel kali ini, saya akan membagikan pembahasan soal dari soal-soal mata pelajaran jenjang SMA/SMK, lebih tepatnya yakni pembahasan soal untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka. Dengan adanya pembahasan soal di artikel ini, saya berharap dapat membantu dan bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Langsung saja berikut ini pembahasan soalnya.

Pembahasan Soal Uji Pemahaman PPKN Halaman 75 Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka
Soal Uji Pemahaman :
Silakan kalian menuliskan satu lembar surat kepada orang atau lembaga terdekat peserta didik untuk menceritakan pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945!

Jawaban :
Ketentuan dalam UUD NRI Tahun 1945 bisa diimplementasikan atau dilaksanakan dalam berbagai bidang, diantaranya yaitu bidang pemerintahan, kenegaraan, hak asasi manusia, serta kedaulatan rakyat. Berikut ini merupakan implementasi UUD NRI Tahun 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan juga bernegara :
  1. Pada bidang penegakan hak asasi manusia, misalnya yaitu pemerintah memberikan hak kebebasan berserikat dan berkumpul untuk warga negaranya.
  2. Pada bidang pemerintahan, misalnnya yaitu mengadakan rapat yang membahas mengenai masalah - masalah kenegaraan dengan cara musyawarah mufakat.
  3. Pada bidang kedaulatan rakyat, misalnya yaitu mencerminkan serta mewujudkan kondisi demokrasi yang efektif.

Pembahasannya :
UUD NRI 1945 merupakan sumber hukum tertinggi dari keseluruhan produk hukum yang ada di Indonesia. Produk - produk hukum seperti undang-undang, peraturan pemerintah, atau peraturan presiden, dan lain-lainnya, bahkan setiap kebijakan atau tindakan dari pemerintah harus bersumber dan dilandasi pada peraturan yang lebih tinggi, yang pada akhirnya harus bisa dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan pada UUD 1945.

Baiklah kawan-kawan, demikian tadi pembahasan soal PPKN mengenai “Silakan kalian menuliskan satu lembar surat kepada orang atau lembaga terdekat peserta didik untuk menceritakan pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945!”. Saya berharap artikel di atas dapat bermanfaat untuk kawan-kawan semua, dan untuk pembahasan soal pada mata pelajaran lainnya akan saya share/bagikan di artikel berikutnya, jadi selalu ikuti terus artikel terbaru di website ini ya kawan-kawan. Sekian dari saya dan terimakasih, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url