OLAHRAGA RINGAN DALAM RUMAH SAAT COVID 19

Apa saja yang bisa dilakukan selama masa karantina Covid 19 - Hai teman-teman, seperti yang kita ketahui bahwa olahraga bisa menjadikan kita sehat secara fisik. Tentunya tubuh kita memerlukan suatu pergerakan agar tubuh dapat membakar lemak dan mengeluarkan keringat sehingga membuat tubuh kita menjadi sehat. Jadi pada intinya olahraga itu penting dan beberapa kegiatan sehari-hari kita juga bisa disebut sebagai olahraga.Contoh kecilnya keseharian kita yang ibu-ibu biasa lakukan yaitu mencuci manual ya, terus ngepel, nyapu dan naik turun tangga atau jalan kaki sesuai keperluan kita di rumah.

Nah itu beberapa contoh olahraga yang kita sendiri tidak sadari namun sangat berguna untuk tubuh kita. Ada beberapa rutinan olahraga yang simple dan bisa dilakukan oleh laki-laki dan perempuan tanpa harus menyita waktu cukup lama. Tentu saja olahraga ini irit biaya juga alias gratis tanpa harus membeli lagi alat-alat olahraga hingga jutaan. Jika memang kalian termasuk orang yang super sibukpun olahraga ini masih bisa kita lakukan disela-sela kegiatan yang di rumah kita.

Pada intinya sesuai dengan instruksi pemerintah untuk physical distancing, dan kalian jangan mager terus di rumah. Usahakan ada kegiatan yang membuat tubuh kita melakukan pembakaran lemak sehingga siklus metabolisme kita terjaga. Langsung saja apa saja olahraga yang bisa kita lakukan saat physical distancing pendemi covid 19 ? Berikut olahraga ringannya :

1. Push Up

OLAHRAGA RINGAN DALAM RUMAH SAAT COVID 19
#Olahragadirumah

Olahraga ini pasti sudah kalian kenal sejak dari kecil. Selain sudah biasa kita lakukan saat di sekolah, mungkin biasa kita lakukan saat kita bermain waktu kecil dengan teman-teman. Hanya bermodal tenaga tangan dan kaki kita bisa melakukan disela-sela waktu beraktifitas kita. Yang penting cari tempat yang nyaman dan aman ya. Olahraga push up selain sangat mudah kita lakukan tentu saja tidak memerlukan biaya lebih atau tambahan untuk melakukan olahraga ini teman-teman.

Nah supaya kalian tidak bosan dalam melakukan push up, kalian bisa coba beberapa variasi dalam olahraga push up seperti di bawah ini teman-teman :

  • Melakukan push up dengan mengubah jarak pada telapak tangan
  • Melakukan push up dengan mengubah jarak antar kaki
  • Melakukan push up dengan mengubah ketinggian letak kaki: disini anda bisa memanfaatkan kursi dengan cara satu kaki di tindihkan ke kaki yang lainnya
  • Melakukan push up bisa juga dengan bentuk tangan yang bermacam – macam seperti : mengepal , membuka, menggunakan jari atau menggunakan punggung tangan.
  • Melakukan push up bisa di lakukan di atas matras atau ruangan kecil sehingga tidak membutuhkan begitu banyak ruangan untuk melakukan olahraga ini. 
2. Sit Up


OLAHRAGA RINGAN DALAM RUMAH SAAT COVID 19
#Olahragadirumah

Olahraga ini juga sangat nyaman dilakukan dalam kegiatan yang sibuk ne teman-teman. Tentu saja bisa dilakukan disela-sela waktu dan tempat yang tidak memerlukan ruangan yang luas. Dengan olahraga ini kalian bisa membentuk otot perut kalian teman-teman. Tentu saja tidak 1 atau 2 kali saja ya jika ingin membentuk otot perut pastinya kita harus rutin dalam sit up. Olahraga Sit Up merupakan sebuah gerakan yang dilakukan dengan bertumpu pada pinggul dan pantat dengan keadaan lutut yang diarahkan ke atas. Sit up bila dilakukan rutin setiap hari akan sangat bagus untuk tubuh. Meskipun pada awal permulaan melakukan sit up cukup sakit pada bagian bawah perut. Tetapi bila dilakukan secara rutin akan terasa nyaman dengan sendirinya.

3. Lari di tempat

OLAHRAGA RINGAN DALAM RUMAH SAAT COVID 19
#Olahragadirumah

Nah guna mendukung himbauan pemerintah kita olahraganya yang di satu tempat saja yaitu di rumah kita sendiri ne teman-teman. Jangan dilakukan di rumah tetangga ya.. hehe. Ohya lari di tempat ini adalah olahraga yang sangat ringan dan tidak memerlukan lokasi yang luas, maybe hanya perlu ruang 1 meter persegi saja sudah sangat cukup teman-teman. Hasil yang Anda dapatkan pun sama dengan Anda melakukan jogging. Mungkin bedanya hanya saja kulit dan tubuh kita tidak terkena sinar matahari pagi yang kaya akan vitamin E. Manfaat lari di tempat diantaranya mampu membakar kalori, sehingga dapat menurunkan berat badan, menguatkan otot-otot pada kaki dan perut, menyehatkan paru-paru dan jantung, menguatkan tulang dan juga tentunya membuat tubuh menjadi bugar.

4. Senam Aerobik

OLAHRAGA RINGAN DALAM RUMAH SAAT COVID 19
#Olahragadirumah

Kalu olahraga satu ini kayaknya lebih senang jika kita menggunakan lantunan musik ya teman-teman. Bisa rame dan tambah semangat ne teman-teman. Apalagi kalau seluruh anggota keluarga ikut semua, pasti mantap deh makin semangat. Lebih baik dijadwalkan pagi hari ya supaya kegiatan yang lain tidak terganggu. Senam sangat baik untuk tubuh karena semua anggota badan kita bergerak semua teman-teman. Jadi hasilnya juga lebih maksimal. Bolehlah dilakukan saat kalian sudah bosan dengan olahraga yang itu-itu saja.

5. Lompat tali

OLAHRAGA RINGAN DALAM RUMAH SAAT COVID 19
#Olahragadirumah

Olahraga satu ini bisa kita lakukan dengan alat tali seadanya, atau kalau sudah punya ya pake tali yang biasa digunakan olahraga ya. Selain itu juga mampu mengencangkan otot pada tubuh. Dalam gerakan ini juga bisa meningkatkan tinggi badan pada tubuh (untuk usia tertentu – anak-anak dalam masa pertumbuhan). Karena gerakan ini juga mengatur gerakan kaki dalam kecepatan melompat dengan ketangkasan tangan yang mengayunkan tali, maka gerakan ini dapat membuat tubuh menjadi lentur dan membuat konsentrasi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Anda bisa melakukan lompat tali selama 30 menit agar bisa mendapatkan hasil yag memuaskan.

Nah itu saja dulu ya ulasan olahraga di dalam rumah yang bisa kita lakukan sehari-hari dan tidak memerlukan biaya tambahan di tengah perekonomin yang tidak menentu akibat dari covid 19 ne teman-teman. Jangan lupa untuk physical distancing ya...?
Next Post Previous Post
1 Comments
  • wesley
    wesley 25 Mei 2021 15.07

    Terima Kasih untuk informasi, artikel yang sangat menarik, Kujungi website kami juga :
    Alat Fitness Outdoor
    Ornamen Besi Tempa
    Railing Balkon Besi Tempa
    Kursi Taman Besi Tempa

Add Comment
comment url