HINDARI MAKANAN INI SAAT BERBUKA PUASA

Makanan apa saja yang perlu dihindari saat berbuka puasa - Bulan suci tanpa berasa sudah tinggal hitungan hari. Tidak lama lagi kita akan bersama menyambut ramadhan yang sangat dinanti banyak umat islam. Selama 30 hari nanti umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa wajib dimana 1 bulan tersebut adalah bulan suci turunya Al Quran yang menjadi penerang umat islam. Banyak pahala yang berlimpah ruah pada masa puasa ramadhan. Oleh karena itu umat islam banyak yang berlomba-lomba dalam menyambut bulan penuh berkah ini.

Namun jangan sampai umat islam terlena bahwa pada ramadhan ini semua dihimbau untuk physical distancing atau jaga jarak diri. Untuk kegiatan sosial berpahala silahkan namun jangan lupa untuk jaga jarak dari manusia lainnya. Agar penyebaran covid 19 tidak merebak ruah. Ohya kita fokus lagi di makanan apa saja yang perlu dihindari saat berbuka puasa.? Nah ini juga kita harus perhatikan jangan sampai sakit perut akhirnya sholat terawih tidak bisa ikut.
Makanan apa saja yang perlu dihindari saat berbuka puasa
#Menupuasa
Ada beberapa makanan yang perlu kita hindari sewaktu berbuka puasa agar asam lambung kita tetap aman, berikut makanannya :

1. Minuman yang mengandung soda
Minuman ini diklaim sangat enak dan segar, sehingga banyak orang tergoda untuk segera meminumnya. Stop jangan sampai kalian berbuka puasa dengan minuman bersoda karena akibatnya perut kalian akan sakit karena naikknya asam lambung. Bukan hanya asam lambung saja , hipertensi atau tekanan darah kalian akan naik sehingga sangat berbahaya. Resiko obesitas juga mengancam kalian karena terlalu sering minum minuman bersoda. Oleh karena itu dianjurkan minum teh hangat atau air putih dahulu saat berbuka puasa.
 
2. Makanan yang terlalu manis
Mengonsumsi makanan manis-manis seperti cokelat saat berbuka puasa dapat menghambat proses pencernaan dan ukuran perut pun terancam melebar. Perlu diingat juga, mengonsumsinya dapat memicu naiknya kadar glukosa dalam darah yang membuat Anda terus-terusan ingin memakannya. Idealnya, Anda baru dapat mengonsumsi manis-manisan seperti ini 2 hingga 3 jam setelah berbuka. Nah kalian harus jaga pola makan kalian agar semua terjaga, puasa berjalan lancar pahala mengalir deras.
 
3. Makanan terlalu banyak minyak atau gorengan
Makanan yang ini sangat wajib ada di meja makan kita saat berbuka puasa. Saya sendiri menyukai makanan ini walau apapun yang terjadi. Stop, suka si suka tapi harus dikontrol ya kalau makan gorengan. Gorengan sangat enak disantap disela-sela makan buka puasa dan biasanya ada di meja makan umat muslim Indonesia. Namun yang perlu diperhatikan adalah minyak yang terlalu berlebih, jadi kalian yang buat gorengan sendiri siapkan tisu makanan agar minyak kolestorel tidak menumpuk dan bagi yang beli gorengan, sampai rumah jangan lupa untuk dialas tisu diatas piring yang ditempati gorengan ya.

4. Makanan yang terlalu pedas
Beberapa orang Indonesia sangat menyukai pedas, ada teman saya dari gorontalo yang sangat menyukai pedasnya sambal. Kalau saya tanya dia makan sambal lalapannya nasi, kurang lebih begitu tingkat kesukaannya terhadap sambal yang pedas. Semakin pedas semakin mantap dan menambah nafsu makan. Namun perlu kalian perhatikan bahwa saat berbuka perut belum bisa merespon dengan baik makanan yang terlalu pedas. Oleh karena itu kalian harus berhati-hati dalam memakan makanan ini. Lebih baik kalian makan setelah terawih saja makanan yang terlalu pedas dihindari saat awal berbuka puasa.

5. Makanan yang terlalu asam
Mungkin dari kalian tidak mengetahui efek dari makanan yang asam, berikut efek sampingnya Efek samping yang terkait dengan mengkonsumsi makanan yang terlalu asam termasuk lesu, depresi, sakit kepala, jerawat, kulit kering, perubahan suasana hati, pencernaan yang buruk, kuku rapuh dan rambut, serta gusi yang sensitif. Nah sangat berbahay kan, oleh karena itu jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang terlalu asam ya, apalagi saat berbuka puasa.

Nah demikian artikel saya kali ini tentang makanan yang perlu dihindari saat berbuka puasa. Mungkin kondisi tipa daerah berbeda-beda dengan kebiasaan yang berbeda dengan makanan khasnya masing-masing. Namun kita harus tetap menjaga pola makan kita saat berbuka puasa supaya kita bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar dan sampai full 30 hari. Silahkan ditambahkan di kolom komentar jika ada yang kurang.
Maslikhah
Maslikhah Seorang ibu rumah tangga yang memberikan informasi pendidikan dari sumber-sumber website terakurat

No comments for "HINDARI MAKANAN INI SAAT BERBUKA PUASA"