JELASKAN 3 CARA UNTUK MEMBUAT SEBATANG BESI MENJADI MAGNET

Jelaskan 3 Cara Untuk Membuat Sebatang Besi Menjadi Magnet - Magnet sendiri memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Dua kutub tersebut adalah bagian magnet yang memiliki gaya paling kuat. Bahkan ketika magnet dipecah menjadi bagian terkecil pun, selalu ada kutub utara dan selatan. Seperti yang diketahui, jika dua kutub magnet yang sama didekatkan, maka akan terjadi tolak menolak.

Sebaliknya, jika dua kutub magnet berbeda didekatkan, maka dua magnet tersebut akan menghasilkan gaya tarik-menarik. Mengenai bentuknya, magnet dapat dijumpai dalam berbagai bentuk dan ukuran. Yang sering ditemukan adalah magnet berbentuk batang lurus. Namun, ada juga bentuk tapal kuda dan jarum.
 
JELASKAN 3 CARA UNTUK MEMBUAT SEBATANG BESI MENJADI MAGNET
Gambar Magnet
 
Berbicara mengenai magnet, ternyata kamu bisa membuat magnet buatanmu sendiri, lho. Ada 3 cara membuat magnet yang bisa kamu lakukan di rumah. Syaratnya, kamu hanya perlu menyiapkan magnet permanen serta benda yang ingin kamu ubah menjadi magnet.

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa gaya tarik magnet paling kuat berada pada kutub utara dan kutub selatan. Namun tidak berarti sisi lain magnet tidak bisa menarik benda logam. Gaya-gaya magnet juga timbul di sekitar magnet selain di dua kutub. Gaya tersebut dikenal dengan medan magnet.
 
Medan magnet bisa digambarkan dengan menabur serbuk besi di atas kaca yang di bawahnya ditempelkan magnet. Maka serbuk besi tersebut akan menempel seolah dihubungkan langsung dengan magnet. Untuk mengetahui bagian terkuat magnet, kamu bisa melihat serbuk besi yang terlihat rapat satu sama lain.
 
Jawaban dari pertanyaan di atas adalah :
  1. Cara menggosok, dilakukan dengan cara menggosokkan ujung magnet kepada batang  besi secara berkali-kali dengan arah gosok yang sama. 
  2. Induksi magnetik, dilakukan dengan membuat magnet dengan cara mendekatkan batang besi kepada magnet. Batang besi akan terinduksi oleh magnet sehingga batang besi menjadi magnet. 
  3. Arus listrik, caranya dengan membuat lilitan kawat pada sebatang besi, kemudian mengalirkan arus listrik melewati kawat tersebut. Dengan cara ini, selama arus listrik mengalir, batang besi akan bersifat magnetic.
Maslikhah
Maslikhah Seorang ibu rumah tangga yang memberikan informasi pendidikan dari sumber-sumber website terakurat

No comments for "JELASKAN 3 CARA UNTUK MEMBUAT SEBATANG BESI MENJADI MAGNET"