MIKROORGANISME TERSEBUT DIKELOMPOKAN DALAM KELOMPOK YANG SAMA. HUBUNGAN YANG TEPAT ANTARA KELOMPOK, TINGKAT TAKSON, DAN DASAR PENGELOMPOKAN MIKROORGANISME TERSEBUT ADALAH

Pembahasan Soal Biologi Tentang Mikroorganisme - Sebelum kita membahasa soalnya, bisa kalian review dulu apa itu mikroorganisme. Mikrobiologi adalah salah satu cabang dari disiplin ilmu biologi yang mengkaji makhluk hidup (organisme) berukuran terlalu kecil untuk dapat dilihat dengan mata telanjang. Objek kajiannya adalah semua makhluk (hidup) yang perlu dilihat dengan mikroskop, khususnya bakteri, fungi, alga mikroskopik, protozoa, dan Archaea. Virus sering juga dimasukkan, walaupun sebenarnya tidak sepenuhnya dapat dianggap sebagai makhluk hidup.

Mikrobiologi setara dengan zoologi dan botani, karena ruang lingkup mikrobia mencakup berbagai macam mikrobia dan aspek-aspek biologi, di antaranya fisiologi mikrobia, ekologi mikrobia, sistematika mikrobia, dan mikrobiologi lingkungan. Dalam dunia medis, mikrobiologi merupakan penyimpangan dari keadaan normal yang terjadi dalam struktur atau fungsi tubuh, serta timbulnya perubahan berupa adanya gejala di dalam tubuh.

Berdasarkan jalur kompleks 2 faktor, patogen (sebagai virus) dan manusia (yang dikenai virus) akan menghasilkan penyakit flu. Sementara itu, berdasarkan jalur kompleks 3 faktor, patogen (protozoa), Vektor (nyamuk), dan manusia (yang dikenai), akan menyebabkan penyakit malaria. Jika berdasarkan jalur kompleks 4 faktor, patogen (bakteri), perantara (tikus), vektor (kutu tikus), dan manusia (yang dikenai), akan mengalami penyakit tipes.

Oke langsung ke soal guys.

Perhatikan gambar mikroorganisme berikut!

Mikroorganisme tersebut dikelompokan dalam kelompok yang sama. Hubungan yang tepat antara kelompok, tingkat takson, dan dasar pengelompokan mikroorganisme tersebut adalah


Jawaban:

E

Pembahasan:

Gambar mikroorganisme pada soal diatas adalah Euglena sp. dan Chlamydomonas sp. yang memiliki ciri-ciri mengunakan flagel atau cambuk sebagai alat gerak.

Pembahasan kerangan pada tabel opsi jawaban:
  • Rhizopoda (Yunani, rhizo = akar, pod = kaki) atau bergerak dengan kaki palsu atau semu
  • Mastigospora (Yunani, mastig = cambuk, Phoros = gerakan) atau bergerak dengan cambuk
  • Chlorophyta (Yunani, chloros = hijau) atau ganggang hijau
  • Sarcodina (Yunani, sarco = daging) atau bergerak dengan kaki palsu atau semu
  • Flagellata (Yunani, flagel=cambuk) bergerak dengan cambuk
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url