JELASKAN PERBEDAAN ANTARA EVOLUSI PROGRESIF DENGAN EVOLUSI REGRESIF BESERTA CONTOHNYA

Berikut Perbedaan antara evolusi Progresif dengan Evolusi Regresif serta contohnya - Silahkan kalian baca dan pelajari penjelasan di bawah ini terkait dengan soal di atas. Adapun pengertian dari evolusi adalah berasal dari kata evolve yang artinya perubahan. Dengan demikian, evolusi dapat diartikan sebagai perkembangan dan perubahan dari struktur makhluk hidup lebih adaptif dalam waktu yang lama.

Evolusi progresif adalah evolusi yang mengarah pada kemungkinan terbentuknya spesies baru yang dapat bertahan hidup dan berkelanjutan, contoh evolusi manusia. Manusia yang hidup sekarang ini diduga berasal dari manusia sebelumnya yang memiliki fenotipe yang jauh berbeda atau dikatakan berbeda spesies.

Evolusi regresif adalah evolusi yang mengarah pada kemungkinan terbentuknya spesies baru yang tidak dapat bertahan hidup dan akhirnya menuju kepunahan, contohnya evolusi dinosaurus. Dinasaurus saat ini tidak dapat kita temukan lagi dimuka bumi, tetapi hewan tersebut diyakini pernah ada berdasarkan temuan fosil.

Bila setiap spesies hasil perubahan secara turun menurun terus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya, suatu ketika akan dihasilkan turunan yang bervariasi dan mengarah terbentuknya spesies baru. Terbentuknya variasi dan spesies baru akan meningkatkan keanekaragaman hayati di planet bumi.

Sebagai contoh seleksi alam misalnya yang terjadi pada ngengat biston betularia. Ngengat Biston betularia putih sebelum terjadinya revolusi industri jumlahnya lebih banyak daripada ngengat biston betularia hitam. Namun setelah terjadinya revolusi industri, jumlah ngengat biston betularia putih lebih sedikit daripada ngengat Biston betularia hitam. Namun setelah revolusi industri, udara di Inggris menjadi gelap oleh asap dan debu industri, sehingga populasi ngengat Biston betularia putih menurun karena tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan, akibatnya mudah ditangkap oleh pemangsanya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url