JELASKAN SIKLUS HIDUP RHIZOPUS

Berikut ini Penjelasan dari Siklus Hidup Rhizopus - Rhizopus adalah genus fungi saprofit yang umum pada tanaman dan parasit yang terspesialisasi pada hewan. Mereka ditemukan di berbagai substrat organik, termasuk "buah dan sayuran matang", jeli, sirup, kulit, roti, kacang tanah, dan tembakau. Beberapa spesies Rhizopus adalah agen oportunistik dari zigomikosis manusia (infeksi jamur) dan bisa berakibat fatal. Infeksi Rhizopus juga bisa menjadi komplikasi ketoasidosis diabetik. Genus yang tersebar luas ini mencakup setidaknya delapan spesies.
Gambar siklus hidup Rhizopus

Tahap-tahap proses reproduksi secara seksual pada Rhizopus adalah sebagai berikut :
  • Hifa dari jenis yang berbeda ( + dan - ) saling berdekatan
  • Hifa (+) dan hifa (-) tersebut membentuk cabang hifa yang disebut gametangium (jamak: gametangia). Kedua gametangia mengandung banyak ini haploid (n).
  • Dinding kedua gametangium kemudian pecah sehingga terjadi penyatuan plasma sel (plasmogami). Inti haploid hifa (+) bergabung dengan inti haploid hifa (-) membentuk zigospora yang heterokariotik (terdiri atas inti hifa (+) dan hifa (-)). Zigospora yang terbentuk memiliki inti-inti yang diploid (2n). Inti-inti diploid membelah secara meiosis menghasilkan inti-inti haploid (n). Selanjutnya zigospora mengalami dormansi (fase istirahat). Zigospora mengalami penebalan dinding sel sehingga dapat bertahan pada kondisi kering selama berbulan-bulan
  • Jika kondisi lingkungan menguntungkan, zigospora akan tumbuh dan membentuk sporangium. Inti-inti haploid di dalam sporangium membelah secara mitosis membentuk inti-itni spora
  • Jika sporangium masak, dindingnya akan robek sehingga spora tersebar.
  • Spora yang jatuh di tempat yang sesuai berkembang menjadi hifa. Hifa berkembang menjadi jamur baru.
Nah itu tadi penjelasan dari siklus hidup rhizopus, jika bermanfaat silahkan di share ke teman-teman yang mencari penjelasan atau referensinya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url