JELASKAN PERBEDAAN PENGHANTARAN IMPULS PADA GERAK SADAR DENGAN GERAK REFLEKS

Perbedaan Penghantaran Impuls Gerak Sadar dengan Gerak Refleks dan Berikan Contoh Gerakannya Masing-Masing - sistem saraf adalah salah satu bagian dari sistem koordinasi yang mengatur aktivitas tubuh melalui rangsangan listrik secara cepat. Komponen sistem saraf terdiri dari sel saraf (neuron), sistem saraf pusat, dan sistem saraf tepi.

Rangsangan atau impuls adalah pesan yang diterima oleh reseptor atau tubuh dari lingkungan luar, kemudian dibawa oleh neuron atau serangkaian pulsa elektrik yang menjalari serabut saraf. Contoh impuls antara lain perubahan suhu, tekanan, bau, aroma, suara, benda, dan berbagai rasa seperti asin, manis, asam, dan pahit. Impuls yang diterima oleh reseptor dan disampaikan ke efektor kemudian dapat menyebabkan terjadinya gerakan.

Oh iya, gerakan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu gerak sadar dan gerak refleks.

Gerak sadar adalah gerak yang terjadi akibat disengaja atau disadari. Contohnya gerakan memegang buku saat ingin belajar, atau ketika mengambil pensil. Sedangkan

Gerak refleks adalah gerak yang tidak disengaja atau tidak disadari. Penjalaran pada gerak reflek berlangsung cepat, melewati jalur pendek dan tidak melewati otak. Tetapi gerak refleks ini melewati sumsum tulang belakang. Contohnya antara lain terangkatnya kaki saat menginjak paku, menutupnya kelopak mata ketika benda asing masuk ke mata dan gerakan tangan saat memegang benda panas.

Gerak sadar :
Impuls ⇒ reseptor/indra ⇒ saraf sensoris ⇒ otak ⇒ saraf motor ⇒ efektor/otot

Gerak refleks :
Impuls ⇒ reseptor ⇒ saraf sensoris ⇒ sumsum tulang belakang ⇒ saraf motor ⇒ efektor/otot

Nah itu tadi penjelasan singkat dari pertanyaan kalian tentang perbedaan dan contoh lengkap di kehidupan sehari-hari dari gerakan sadar dan refleks. Ohya contohnya silahkan diganti sesuai pengalaman kalian ya guys. Supaya contohnya tidak monoton, pastikan jawabanmu benar ya. Supaya dapat nilai yang memuaskan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url