JELASKAN PERBEDAAN AUTOPOLIPLOID DENGAN ALOPOLIPLOID

Berikut Penjelasan dari Perbedaan Autopoliploid Dengan Alopoliploid - autopoliploidi itu adalah jenis poliploidi (sel yang memiliki lebih dari dua kelompok kromosom dalam nukleusnya), di mana suatu organisme atau spesies memiliki dua atau lebih kelompok kromosom identik. Oleh karena itu, ini adalah hasil duplikasi sekelompok kromosom dari spesies yang sama.

Dari penelitian yang dilakukan dengan tanaman, telah diputuskan bahwa kriteria yang harus digunakan untuk mengklasifikasikan poliploid harus dimulai dari mode asalnya. Keragaman mekanisme yang terjadi pada tumbuhan dan hewan, memungkinkan penataan dua kelas poliploidi besar: autopoliploidy dan alopoliploidy.

JELASKAN PERBEDAAN AUTOPOLIPLOID DENGAN ALOPOLIPLOID
Kromosom

Alopoliploides adalah spesies yang memiliki lebih dari tiga set kromosom dalam selnya, dan lebih umum daripada autopoliploid, tetapi lebih banyak relevansi diberikan pada autopoliploid.

Autopoliploid adalah poliploid dengan beberapa kelompok kromosom yang berasal dari takson yang sama (kelompok klasifikasi ilmiah). Contoh poliploid otomatis alami adalah tanaman piggyback (Tolmiea menzisii) dan sturgeon putih (Acipenser transmontanum).

Soal:

Jawaban:

Autopoliploid (auto= sendiri), jika terjadi penggandaan sendiri pada kromosom yang sehomolog dari spesies yang abnormal dapat menghasilkan gamet 2n. Jika gamet 2 n bersatu dengan gamet normal (n), akan menghasilkan zigot autoploid (3n). Autoploid juga dapat dilakukan secara buatan, contohnya tanaman tomat heksaploid yang diperoleh dengan cara pemotongan tunas (dekapitasi).

Alopoliploid (allo=berbeda), jika penggandaan set kromosom terjadi pada kromosom nonhomolog dari spesies yang berbeda. Alopoliploid terjadi karena hibrid (penyilangan) antara dua spesies. Induvidu alopoliploid beresifat steril sehingga di kembangbiakan dengan cara vegetatif. Kelebihan induvidu alopoliploid bersifat lebih kuat (vigor). Contoh: gandum alohesaploid.

Maslikhah
Maslikhah Seorang ibu rumah tangga yang memberikan informasi pendidikan dari sumber-sumber website terakurat

No comments for "JELASKAN PERBEDAAN AUTOPOLIPLOID DENGAN ALOPOLIPLOID"