BILA BERBELANJA KE PASAR SEBAIKNYA MEMBAWA TAS PLASTIK BEKAS DARI RUMAH

Kenapa Bila berbelanja ke pasar sebaiknya membawa tas plastik bekas dari rumahUpaya mengolah sampah secara global dikenal dengan metode 3R atau Reduce (kurangi), Reuse (gunakan kembali), Recycle (daur ulang. Ini adalah upaya bertahap, yang diawali ketika sampah belum diproduksi. Bukan upaya yang dilakukan setelah sampah muncul.

Reduce atau kurangi menjadi langkah pertama yang harus dilakukan. Ini adalah aksi nyata sebelum sampah ada. Ini adalah upaya preventif atau pencegahan agar sampah tidak dihasilkan. 

Contoh aksi reduce adalah adalah membawa tas belanja yang awet atau bisa berulang kali pakai daripada kresek yang biasanya hanya sekali pakai. Bisa juga dengan tidak menggunakan sedotan plastik saat minum, dan menggunakan wadah makan/minum yang berulang kali pakai.
BILA BERBELANJA KE PASAR SEBAIKNYA MEMBAWA TAS PLASTIK BEKAS DARI RUMAH
Kantong Plastik

Banyak lagi contoh aksi reduce yang bisa digunakan. Termasuk memilih menggunakan produk tanpa kemasan non organik, menggunakan sabun cuci organik perabotan dapur dari organik seperti jeruk nipis atau nanas daripada produk industri yang banyak dijual di pasaran.

Yang perlu diwaspadai dari aksi reduce ini adalah produk yang tidak memperhatikan kualitas. Contohnya tas belanja non kresek (plastik) seperti tas berbehan kain keras atau kain tapi kualitas pembuatan (jahitan) jelek. 

Bahan non plastik yang kualitas pembuatannya  buruk tentu akan membuat produk itu tidak awet. Ini akan jauh lebih berbahaya, karena bahan yang digunakan lebih tidak ramah lingkungan dan butuh waktu lebih lama untuk terurai di dalam tanah daripada plastik.

SOAL

Bila berbelanja ke pasar sebaiknya membawa tas plastik bekas dari rumah. Tindakan tersebut merupakan salah satu cara meminimalkan limbah padat yaitu....
A. reuse
B. reduce
C. recyle
D. recovery
E. replacement

Jawaban : 

B. reduce

Pembahasan :

Reduce (Mengurangi limbah), misalnya dengan membawa tas belanja dari rumah saat berbelanja dipasar sehingga mengurangi penggunaan kantong plastik.
Maslikhah
Maslikhah Seorang ibu rumah tangga yang memberikan informasi pendidikan dari sumber-sumber website terakurat

No comments for "BILA BERBELANJA KE PASAR SEBAIKNYA MEMBAWA TAS PLASTIK BEKAS DARI RUMAH"