SEORANG YANG PERNAH MENDERITA PENYAKIT CACAR SAAT MASIH KECIL

Seseorang yang pernah menderita penyakit cacar saat masih kecil kemungkinan besar tidak dapat terserang penyakit cacar yang sama karena - Sering kita mendengar ungkapan bahwa setiap orang akan mengalami cacar air. Selain itu, cacar air disebut-sebut sebagai penyakit yang akan mengenai kita hanya sekali dalam seumur hidup. Pertanyaannya, apakah ungkapan ini benar adanya? Berikut penjelasannya!

Virus Penyebab Cacar Tidak akan Pergi

Varicella atau sebutan lain cacar biasa didapat pada anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh varicella zoster virus (VZV). Gejala - gejala yang timbul disertai dengan gelembung-gelembung kecil berisi cairan. Apabila kamu sudah pernah terkena cacar air, ternyata memang benar akan sangat kecil kemungkinan kamu terkena penyakit ini lagi. Namun, jangan turunkan kewaspadaanmu karena sebenarnya ungkapan ini tidak sepenuhnya benar.

Setelah kamu terkena cacar air, virus varicella akan menetap di dalam tubuh. Virus ini bisa saja aktif lagi di masa depan dan membuat masalah kesehatan. Dalam beberapa kasus, ada juga orang yang terkena cacar air beberapa kali dalam hidupnya. Hal ini terjadi karena virus cacar aktif kembali menyerang saat kondisi sistem kekebalan tubuh sedang menurun.

Soal

Seorang yang pernah menderita penyakit cacar saat masih kecil, kemungkinan besar tidak dapat terserang penyakit cacar yang sama, karena....

A. tubuh telah mendapatkan imunitas pasif alami
B. sistem imunitas telah membentuk antibodi
C. tubuh sudah menghasil antibodi
D. terjadi aglutinasi terhadap virus penyebab cacar
E. mendapatkan vaksinasi saat terserang cacar pertama.

Jawaban :

B. sistem imunitas telah membentuk antibodi

Pembahasan :

Imunitas aktif alami, terjadi jika seseorang terpapar satu jenis penyakit, kemudian sistem imunitas memproduksi antibodi dan limfosit khusus. Imunitas bersifat seumur hidup (contohnya, cacar dan campak) atau sementara (contohnya, gonore dan pneumonia).
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url