JELASKAN SIKAP ILMIAH YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG ILMUWAN

Berikut penjelasan macam-macam sikap yang dimiliki oleh seorang Ilmuan - Selamat datang di website yang bertujuan membantu kalian menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaa soal kalian. Kali ini kita akan memabahas tentang sikap ilmiah. Oke langsung saja ke pembahasan apa itu sikap ilmiah. Perlu kalian tahu bahwa sikap ilmiah adalah suatu sikap menerima pendapat orang lain dengan baik dan benar tanpa mengenal putus asa dengan ketekunan dan keterbukaan. Sikap ilmiah merupakan sikap yang harus ada pada diri seorang ilmuwan atau akademisi ketika menghadapi persoalanpersoalan ilmiah untuk dapat melalui proses penelitian yang baik dan hasil yang baik pula.

Rumusan di atas diartikan bahwa sikap mengandung tiga komponen yaitu komponen kognitif, komponen afektif, dan komponen tingkah laku. Sikap selalu berkenaan dengan suatu obyek. Sikap terhadap obyek ini disertai dengan perasaan positif atau negatif. Secara umum dapat disimpulkan bahwa sikap adalah suatu kesiapan untuk berprilaku atau bereaksi dengan cara tertentu bilamana dihadapkan dengan suatu masalah atau obyek.

Nah jika kalian mencari jawaban dari soal di bawah ini, saya sudah sertakan jawabannya...

Soal

Jelaskan sikap yang harus dimiliki oleh seorang ilmuan ?

Jawaban
  • Peka dan kritis terhadap fenomena atau kejadian alam
  • tidak percaya takhayul, yang kebenarannya tidak dapat menghasilkan sesuatu produk sains.
  • Teliti, tekun, dan tidak putus asa ketika melakukan penelitian
  • Bersikap hormat terhadap penelitian lain ataupun orang lain
  • Menghargai hasil penelitian dan penemuan orang lain
  • Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
  • Jujur dan objektif terhadap hasil penelitian yang dilakukan
  • Berpikir logis dan terbuka, serta mau menerima kritik dan pendapat orang lain.
  • Optimis terhadap keberhasilan penelitian.
Untuk lebih jelasnya bisa kalian tambahkan dengan keterangan di bawah ini

1. Peka dan Kritis

Sikap peka dan kritis direalisasikan dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya, baik dengan jalan bertanya kepada siapa saja yang diperkirakan mengetahui masalah maupun dengan membaca sebelum menentukan pendapat untuk ditulis.

2. Tidak percaya takhayul

Artinya semua yang ada dan terjadi bisa dijelaskan secara logis dan bisa dipahami dengan akal sehat manusia

3. Teliti, Tekun dan Tidak putus asa

Teliti Artinya bertindak hati-hati, tidak ceroboh. Dengan tindakan yang teliti dalam melakukan penelitian akan mengurangi kesalah-kesalahan dalam proses penelitian. Penelitian dengan kesalahan yang minimal akan menghasilkan data yang baik

Tekun Artinya tidak mudah putus asa dalam melakukan penelitian. Terhadap susuatu masalah tidak boleh mudah putus asa. Sering kali dalam membuktikan suatu masalah penelitian terus di ulang-ulang untuk mendapatkan data akurat. Dengan data yang akurat maka kesimpulan yang didapat juga lebih akurat.

Tidak putus asa Artinya walaupun berulang kali gagal, akan terus mencoba

4. Bersikap hormat terhadap penelitian orang lain

Seorang ilmuan tidak merasa bahwa ia paling hebat, ia bersedia menerima gagasan orang lain setelah di uji. Dan bersedia belajar dengan memperbandingkan penapatanya dari orang lain. Ia tidak akan memaksakan susuatu pendapat kepada orang lain. Ia mempunyai tenggang rasa atau sikap toleren yang tinggi, jauh dari sikap angkuh

5. Menghargai hasil penelitian

Sikap rela menghargai karya orang lain diwujudkan dengan mengutip dan menyatakan terima kasih atas karangan orang lain, dan menganggapnya sebagai karya yang orisinal milik pengarangnya.

6. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Rasa ingin tahu merupakan dasar untuk melakukan penelitian demi memperoleh sesuatu yang baru. Seorang ilmuawan mempunyai sikap ilmiah di dalam dirinya, misalnya apabla melihat proses gejala alam, seorang saintis akan terangsang untuk ingin tahu lebih lanjut, apa bagaimana mengapa peristiwa atau gejala itu. Dengan pertanyaan – pertanyaan itu seorang saintis tak hanya diam dan merenung, namun juga mencari informasi melalui berbagai sumber dan berusaha memecahkan masalah yang ditemukan.

7. Jujur dan objektif

Dalam melakukan penelitian seorang saintis harus bersikap jujur, artinya salalu menerima kenyataan dari hasil penelitiannya dan tidak mengada-ngada serta tidak boleh mengubah data hasil penelitiannya.

Hasil penelitian tidak boleh di pengaruhi perasaan pribadi, semua yang dikemukaan harus berdasarkan fakta yang di peroleh

8. Berpikir logis dan terbuka

Artinya menerima pendapat yang benar. Sikap objektif didukung dengan sikap terbuka artinya mau menerima pendapat yang benar dari orang lain. Ilmuwan akan membuat dugaan dan terus berusaha menguji dugaannya untuk mengetahui kebenaran tentang alam, meteri, moral, politk, ekonomi, dan tentang hidup. Ilmuwan tidak akan meremehkan suatu gagasan baru, ia akan menghargai setiap gagasan baru dan mengujinya sebelum diterima atau di tolak. Jadi ia terbuka akan pendapat orang lain

9. Optimis

Seorang ilmuwan selalu berpengharapan yang baik. Ia tidak akan mengatakan bahwa sesuatu itu tidak dapat dikerjakan, tetapi akan mengatakan “ia selalu optimis” rasa humor seorang ilmuawan ada hubungannya dengan tingakat kecerdasan maupun sikap optimis

Nah itu tadi pembahasan soal di atas, giman mudah bukan..? Ohya jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan saran, jika kalian ada pertanyaan lain silahkan di tanyakan... Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url