SEBUTKAN EMPAT KARAKTERISTIK SAINS DAN JELASKAN ARTINYA

Berikut Jawaban dari pertanyaan empat karakteristik sains dan penjelasannya - Karakteristik Sains - Sains atau science diambil dari kata scientia, sebuah kata latin yang bermakna pengetahuan. Pada dasarnya, sains merupakan kaidah keilmuan alam yang dapat diamati, diteliti, dan dirumuskan melalui sebuah pengamatan dan penalaran. Jadi, seluruh objek atau materi fisik dan nonfisik yang ada di alam semesta, yang dapat dijabarkan melalui pemikiran, maka hal tersebut sudah termasuk sains.

Materi fisik dapat berupa semua benda-benda yang dapat kita lihat di mana saja, termasuk objek terjauh di alam semesta seperti bintang, galaksi, dan lain sebagainya. Sedangkan, nonfisik merupakan pikiran, psikologi, energi, dan segala hal yang tak tampak oleh indra namun dapat dijabarkan ke dalam sebuah rumusan ilmiah.

Nah, rupanya sains memiliki beberapa prinsip dan karakter, lho. Karakter dan prinsip tersebut memang diperlukan untuk memisahkan antara sains dengan kaidah keilmuan yang lain. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, belajar tentang sains.

Sains memiliki beberapa karakteristik, berikut karakteristik itu.
  • Rasional, artinya sains merupakan hasil kegiatan berpikir secara logis dengan menggunakan nalar (rasio) yang hasilnya dapat diterima nalar manusia. Sains bukan takhayul.
  • Objektif, sains merupakan kebenaran apa adanya karena didasarkan atas data-data dan tanpa pengaruh pendapat atau pandangan pribadi.
  • Empiris, sains dapat dibuktikan dengan pengamatan, penelitian, atau eksperimen.
  • Akumulatif, sains dapat dibentuk berdasarkan teori lama yang disempurnakan, ditambah, atau diperbaiki sehingga makin sempurna.
Nah itu jawaban dari soal kalian. Silahkan berikan komentar kalian jika kalian merasa tertarik untuk berkomentar. Terima kasih

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url