SESUDAH BERLARI KENCANG, OTOT KAKI AKAN TERASA NYERI DAN LELAH

Sesudah berlari kencang, otot kaki akan terasa nyeri dan lelah. Hal ini disebabkan oleh ? - Nah kalian datang ke website ini pasti karena ada pertanyaan seperti itu kan teman-teman. Tenang saja kalian pasti akan mendapatkan jawabannya dan lengkap dengan penjelasannya. 

Sedikti bahas tentang apa itu otot kaki adalah otot yang memperkuat tubuh bagian bawah dan berguna untuk menopang badan manusia. Otot kaki merupakan salah satu otot yang paling banyak bekerja di antara otot-otot lain di seluruh tubuh manusia.

Soal

Sesudah berlari kencang, otot kaki akan terasa nyeri dan lelah. Hal ini disebabkan oleh....

A. respirasi aerob dan dihasilkan asam piruvat
B. respirasi anaerob dan dihasilkan asam laktat
C. respirasi aerob dan dihasilkan etanol
D. respirasi anaerob dan dihasilkan asam piruvat
E. tidak terjadi respirasi sehingga kekurangan darah

Jawaban

B. respirasi anaerob dan dihasilkan asam laktat

Pembahasan

Setelah berolahraga atau mengerjakan sesuatu pekerjaan berat, napas menjadi terengah-engah karena suplai oksigen yang masuk tubuh menjadi berkurang. Tubuh mengatasi keadaan ini dengan memperpendek jalur pembentukan energi melalui proses respirasi anaerob. Pada sel otot manusia yang bersifat anaerob, akan terbentuk ATP dari fermentasi asam laktat. Fermentasi asam laktat diawali dengan glikolisis yang menghasilkan asam piruvat. Pada proses ini tidak ada oksigen yang menjadi reseptor terakhir, sehingga asam piruvat diubah menjadi asam laktat. Asam laktat akan terakumulasi dalam otot sehingga otot menjadi kencang. Asam laktat dari darah akan diangkut ke dalam hati yang kemudian diubah kembali menjadi asam piruvat secara aerob. 

Berdasarkan informasi di atas, dapat diketahui bahwa olahraga dapat menyebabkan sel dalam keadaan anaerob dan terjadi fermentasi asam laktat yang menghasilkan asam laktat.

Lebih jelasnya buka buku Biologi dari Erlangga K-13 halaman 66

Nah itu tadi penjelasan yang saya bagikan ke kalian, semoga artikel saya akan bisa membantu kalian dalam mencari jawaban dari berbagai soal yang kalian temukan atau dari pemberian tugas guru kalian. Jangan lupa untuk isi kolom komentar jika ada saran untuk pengembangan website ini. Request artikel atau soal yang mungkin kalian susah untuk menemukannya juga bisa kok, silahkan isi saja di kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url