PERHATIKAN GAMBAR PENAMPANG MEMANJANG AKAR BERIKUT INI

Jawaban Gambar Penampang Memanjang Akar - Akar merupakan salah satu organ atau struktur pada tumbuhan. Akar merupakan bagian tumbuhan yang arah tumbuhnya ke dalam tanah dan umumnya berada di dalam tanah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), akar adalah bagian tumbuhan yang biasanya tertanam di dalam tanah sebagai penguat dan pengisap air serta zat makanan. 

Dalam buku Anatomi Tumbuhan (2006) karya Sri Mulyani, akar merupakan bagian bawah dari sumbu tumbuhan dan biasanya berkembang di bawah permukaan tanah, namun ada juga akar yang tumbuh di atas tanah. Jaringan utama akar adalah bagian terluar ke bagian terdalam, yakni epidermis (lapisan terluar) adalah satu lapisan sel yang rapat dan berperan sebagai jaringan pelindung.

Soal

Perhatikan Gambar Penampang Memanjang Akar Berikut Ini !

Nama dan fungsi bagian X adalah....
A. tudung akar, melindungi akar
B. tudung akar, menembus tanah
C. meristem apikal, melindungi akar
D. meristem lateral, daerah pembesaran akar
E. meristem apikal, daerah pembelahan sel-sel

Jawaban:

E. meristem apikal, daerah pembelahan sel-sel

Pembahasan:

Gambar yang ditunjuk huruf X adalah meristem apikal, daerah pembelahan sel-sel.

Daerah ujung akar dibedakan menjadi 3 zona yaitu zona pembelahan, zona pemanjangan dan zona pendewasaan. X menunjukan zona pembelahan. Zona ini disebut juga sebagai meristem apikal. Zona pembelahan dicirikan dengan sel-sel nya yang aktif membelah.

Tambahan Fungsi Akar

Secara umum, akar memiliki bagian utama, yakni tudung akar, inti akar, ramput akar, Berikut penjelasannya: 

Todung akar 
Todung akar terletak di bagian ujung akar. Dalam buku Mengenal Bagian-bagian Tumbuhan (2007) karya Anne Nelistya, todung akar melindungi ujung akar saat menembus tanah. Sel yang melapisi tudung akar cepat rusak dan terkelupas, tapi akan segera digantikan oleh sel dari meristem apikal. 

Inti akar 
Inti akar merupakan bagian akar yang terletak di pusat akar. Inti akar terdiri atas pembuluh kayu dan pembuluh tapis. Pembuluh kayu berfungsi mengangkut air dari akar ke daun. Pembuluh tapis berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan. 

Rambut akar 
Rambut akar tumbuh di daerah diferensiasi dalam jumlah banyak. Rambut akar merupakan penjuluran dari epidermis. Di mana fungsinya untuk memperluas daerah penyerapan air dan zat makanan. 

Batang akar 
Batang akar merupakan batang yang terletak di tengah-tengah diantara pangkal akar dan ujung akar. Di mana akan berkembang dan tumbuh bercabang-cabang dalam skala bentuk yang kecil-kecil. 

Ujung akar 
Ujung akar adalah bagian akar yang termuda seperti tunas. Di mana akan terus menerus tumbuh dan berganti akar baru ketika sudah menjadi ketentuan akar.

Nah itu tadi pembahasan dari soal di atas, apakah kalian sudah menemukan jawabannya..? Atau kalian ingin lebih banyak lagi dalam menemukan jawaban dari soal-soal yang kalian temukan dari pembelajaran sekolah kalian.? Untuk itu silahkan kalian request di kolom komentar di bawah ini ya teman-teman, sertakan saran juga supaya website ini terus berkembang.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url