JELASKAN PERSAMAAN DAN PERBEDAAN OTOT RANGKA DENGAN OTOT JANTUNG

Jelaskan Persamaan dan Perbedaan Otot Rangka Dengan Otot Jantung - Otot adalah salah satu bagian tubuh yang mmemiliki fungsi penting dan sangat krusial peranannya bagi tubuh kita. Otot bisa ditemukan pada setiap jaringan di dalam tubuh. Otot pun tidak hanya dapat ditemukan di tubuh manusia saja, namun makhluk lain seperti hewan juga memilikinya.

Hewan juga memiliki jaringan otot dengan fungsi yang sama dengan yang dimiliki oleh manusia.

Fungsi utama otot adalah sebagai pendukung aktifitas yang dilakukan oleh manusia. Baik aktifitas ringan seperti berjalan, duduk, minum dan makan. Mau pun aktifitas yang sangat berat seperti berlari, berenang dan berolahrga.

Soal

Jelaskan persamaan dan perbedaan otot rangka dengan otot jantung!

Jawaban

Persamaan

Otot rangka dengan otot jantung memiliki miofibril yang menunjukkan pita gelap dan pita terang, sehingga seperti pola berlurik - lurik.

Perbedaan

  • Bentuk sel: Otot rangka berbentuk silindris panjang sedangkan otot jantung berbentuk silindris, bagian ujung bercabang dua atau lebih.
  • Ukuran sel: Otot rangka memiliki panjang 1-40mm berdiameter 10-100um sedangkan otot jantung memiliki panjang 50-100mm berdiameter  10-20um.
  • Inti sel: Otot rangka berinti sel lonjong, berjumlah banyak dipinggir serat sedangkan otot jantung berinti sel lonjong panjang  berjumlah satu ditengah serat.
  • Aktivitas: Otot rangka berkontraksi secara cepat, kuat dan mudah lelah sedangkan otot jantung berkontraksi cukup kuat, ritmis, otomatis, tidak mudah lelah.
  • Pengaruh saraf: Saraf otot rangka sadar, otot volunter (otot sadar) sedangakan saraf otot jantung otonom, otot involunter (otot tak sadar).
  • Letak: Otot rangka melekat pada otot rangka sedangkan otot jantung melekat pada jantung.

Pembahasan

Otot pada manusia terbagi menjadi tiga jenis: otot lurik (otot rangka), otot polos dan otot jantung. Otot lurik dapat ditemukan pada sistem rangka, otot ini melekat di tulang kita. Otot polos dapat ditemukan organ dalam selain jantung. Misalnya pada organ lambung, usus dan kerongkongan. Otot jantung hanya ditemukan pada jantung saja.

Otot jantung dan otot rangka sama-sama memiliki inti di dalam selnya. Dalam kedua jenis otot ini juga terdaat kandungan aktin dan myosin. Ini membuat kedua jenis otot ini sama-sama memiliki pola lurik yang sama di bawah mikroskop.

Otot rangka melekat dengan sel neuron pada jaringan syaraf yang digunakan untuk mengatur gerakan, otot jantung tidak memiliki sel neuron terikat. Ini membuat kita dapat mengendalikan gerakan otot rangka, namun kita tidak dapat mengendalikan otot jantung yang bergerak sendiri.

Tambahan
Persamaan Otot Lurik, Otot Polos, Otot Jantung 
Sama-sama berfungsi menunjang segala kegiatan manusia

Perbedaan Otot Lurik, Otot Polos, Otot Jantung



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url