PERNYATAAN YANG TIDAK BENAR TENTANG SIFAT-SIFAT ENZIM

Pernyataan Yang Tidak Benar Tentang Sifat-Sifat Enzim - Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, enzim adalah katalis biologi yang mengatur laju reaksi biokimia dalam tubuh tanpa mengubah kesetimbangan reaksi tersebut. Enzim terbentuk dari senyawa protein hasil anabolisme. Enzim berfungsi untuk menurunkan energi aktivasi reaksi biokimia, menyebabkan reaksi tersebut berlangsung lebih cepat. Enzim bekerja sangat cepat, namun tidak ikut bereaksi dan tidak habis dikonsumi proses biokimia.

Soal

Pernyataan yang tidak benar tentang sifat-sifat enzim, yaitu . . . .

A. Enzim dapat bekerja bolak-balik
B. Enzim mengalami denaturasi jika suhu di atas 55реж celsius
C. Kerja enzim dihambat oleh inhibitor
D. Semakin tinggi konsentrasi enzim, semakin cepat reaksi
E. Semakin tinggi konsentrasi substrat, semakin cepat reaksi

Jawaban

E. Semakin tinggi konsentrasi substrat, semakin cepat reaksi

Pembahasan :

Sifat-sifat Enzim:

1. Enzim merupakan biokatalisator : Enzim dalam jumlah sedikit saja dapat mempercepat reaksi beribu-ribu kali lipat, tetapi ia sendiri tidak ikut bereaksi.

2. Enzim bekerja secara spesifik : Enzim tidak dapat bekerja pada semua substrat, tetapi hanya bekerja pada substrat tertentu saja.

3. Enzim berupa protein maka, enzim memiliki sifat-sifat protein yaitu :
  • Berupa koloid : larutan enzim membentuk suatu koloid.
  • Enzim dapat bereaksi dengan substrat asam maupun basa.
  • Enzim bersifat termolabil : Aktivitas enzim dipengaruhi oleh suhu. Jika suhu rendah, kerja enzim akan lambat. Semakin tinggi suhu, reaksi kimia yang dipengaruhi enzim semakin cepat, tetapi jika suhu terlalu tinggi, enzim akan mengalami denaturasi.
4. Kerja enzim bersifat bolak-balik (reversibel) : Enzim tidak dapat menentukan arah reaksi, tetapi hanya mempercepat laju reaksi mencapai kesetimbangan.

Nah itu guys artikel kali ini, semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas dari Bapak dan Ibu Guru. Ohya apabila ada pertanyaan silahkan kalian ketikan saja di kolom komentar. Jangan lupa jika ingin request soal bisa di kolom komentar. Dukung website ini selalu berkembang, terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url