PADA PROSES FOTOSINTESIS TUMBUHAN MEMERLUKAN ENERGI YANG BERASAL

Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan Memerlukan Sumber Energi Berupa - Tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Karena melakukan pembuatan makanan sendiri, tumbuhan hijau dikategorikan sebagai organisme autotrof. Klorofil sendiri merupakan pigmen pada tumbuhan hijau yang berfungsi menangkap sinar matahari lalu dikonversi menjadi energi kimia yang terikat dalam molekul karbohidrat.

Soal

Pada proses fotosintesis, tumbuhan memerlukan energi yang berasal dari cahaya matahari untuk selanjutnya diubah menjadi senyawa organik. Peristiwa tersebut termasuk . . . .

A. Katabolisme
B. Anabolisme
C. Fermentasi
D. Respirasi
E. Augmentasi

Jawaban :

B. Anabolisme

Pembahasan :

Fotosintesis merupakan proses penyusunan senyawa organik (karbohidrat) dari H₂0 dan C0₂ dengan bantuan energi cahaya. Peristiwa penyusunan zat dari senyawa sederhana menjadi senyawa lebih kompleks ini disebut anabolisme.

Nah itu tadi pembahasan tentang proses fotosintesis pada tumbuhan memerlukan energi yang berasal. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam mengerjakan tugas Biologi atau IPA. Ohya untuk pertanyaan lain bisa kalian tulis dikolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url