REAKSI DI DALAM TUBUH YANG MERUPAKAN KATABOLISME

Reaksi di Dalam Tubuh yang Merupakan Katabolisme, Antara Lain - Berbagai proses biokimia berlangsung di dalam tubuh. Proses ini disebut juga metabolisme. Reaksi metabolisme sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu katabolisme dan anabolisme. Katabolisme merupakan proses pemecahan molekul-molekul besar dan kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana, dan salah satunya adalah kalori atau energi.

Bentuk sederhana ini kemudian akan digunakan sebagai bahan bakar untuk reaksi anabolisme guna menghasilkan zat atau molekul yang lebih besar.

Reaksi Katabolisme di Tubuh
Makanan dan minuman yang sudah dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh, akan dipecah oleh enzim yang ada di dalam sistem pencernaan. Melalui reaksi katabolisme, protein dipecah menjadi asam amino.

Asam amino bisa digunakan sebagai sumber energi ketika tubuh membutuhkannya. Senyawa ini juga bisa didaur ulang untuk membuat protein atau menjadi urea melalui proses oksidasi.

Selain memecah protein, katabolisme juga bisa memecah glikogen menjadi glukosa. Karbohidrat sederhana ini kemudian akan melalui proses oksidasi yang dinamakan glikolisis. Dari reaksi inilah energi dihasilkan.

Soal

Reaksi di dalam tubuh yang merupakan katabolisme, antara lain..

A. respirasi aerob dan fermentasi
B. respirasi aerob dan fotosintesis
C. tranpirasi dan fotosintesis
D. respirasi anaerob dan kemosintesis
E. fotosintesis dan kemosintesis

Jawaban :

A. respirasi aerob dan fermentasi

Pembahasan :

Katabolisme adalah proses pembongkaran senyawa komplex menjadi sederhana... proses ini akan menghasilkan energi atau kalor, sehingga disebut reaksi eksogenik atau eksoterm..

Contoh nya adalah respirasi aerob atau respirasi anaerob (fermentasi).

Glukosa + O₂ ==> CO₂ + H₂O + energi

Anamobolisme merupakan reaksi penyusunan dari senyawa-senyawa sederhana menjadi senyawa lebih kompleks dan memerlukan energi. Contoh dari anabolisme adalah fotosintesis dan kemosintesis. 

Nah itu tadi pembahasan tentang soal biologi kalian, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk ketik saran pada kolom komentar terkait dengan artikel reaksi di dalam tubuh yang merupakan katabolisme, atau kalian juga bisa request soal lain atau ebook yang kalian butuhkan. Dukung website ini untuk berkembang. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url