PERNYATAAN YANG BENAR MENGENAI FERMENTASI ADALAH

Pernyataan Berikut Yang Benar Dalam Proses Fermentasi Adalah - Fermentasi adalah adalah suatu teknik kuno untuk pengawetan makanan yang dilakukan secara alami dengan bantuan mikroba. Proses ini masih digunakan sampai sekarang untuk menghasilkan beragam makanan atau minuman, seperti tempe, acar, wine, dan masih banyak yang lainnya.

Pada mulanya istilah fermentasi digunakan untuk menunjukkan proses pengubahan glukosa menjadi alkohol yang berlangsung secara anaerob. Dalam proses fermentasi, gula adalah salah satu bahan paling umum yang digunakan dalam proses fermentasi.

Biasanya agar proses fermentasi berlangsung diperlukan adanya mikroorganisme yang akan membantu memecah glukosa menjadi alkohol atau asam. Salah satu mikroorganisme yang penting dalam proses fermentasi adalah ragi.

Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel dengan menggunakan keadaan yang disebut dengan tanpa udara atau oksigen. Selain itu, ada beberapa pengertian fermentasi menurut para ahli yang perlu Anda pahami, diantarnya;

Fermentasi Menurut Para Ahli

Hery

Menurutnya, fermentasi adalah suatu bentuk proses dasar untuk  mengubah bahan menjadi bahan lain  dengan cara relatif sederhana yang dibantu oleh mikroba.

Belitz

Definisi fermentasi dibagi menjadi dua bentuk, yaitu fermentasi homofermentatif dan fermentasi heterofermentatif. Fermentasi homofermentatif adalah proses fermentasi bahan produk asam laktat. Sedangkan fermentasi heterofermentatif adalah fermentasi yang dilakukan dari produk menjadi asam laktat dan etanol.

Taufik

Makna fermentasi adalah suatu bentuk proses produksi energi dalam sel dengan keadaan tanpa oksigen (anaerobik) melalui penelitian atau praktikum.

Berikut contoh soal

Soal

Pernyataan yang benar mengenai fermentasi adalah...

A. fermentasi alkohol terjadi pada sel hewan yang menyebabkan kelelahan
B. fermentasi asam laktat terjadi pada sel jamur Saccharomyces cerevisiae dalam pembuatan tapai
C. fermentasi alkohol dilakukan oleh sel jamur Streptococus sp. pada pembuatan bir
D. fermentasi asam laktat terjadi pada sel jamur Streptococus sp. untuk pembuatan yogurt
E. fermentasi alkohol terjadi pada sel jamur Saccharomyces cerevisiae dalam keadaan udara terbuka.

Jawaban

C. fermentasi alkohol dilakukan oleh sel jamur Streptococus sp. pada pembuatan bir

Pemabahasan :

Fermentasi adalah perubahan glukosa secara anaerob. Fermentasi dibedakan menjadi dua tipe reaksi, yaitu:

Fermentasi alkohol, mengubah asam piruvat menjadi etanol atau etil alkohol. Contoh yang termasuk penerapan fermentasi alkohol seperti penggunaan sel ragi (Saccharomyces cerevisiae) dalam industri roti, pembuatan bir dan tapai

Fermentasi asam laktat, mengubah asam piruvat menjadi asam laktat. Contoh yang termasuk fermentasi asam laktat antara lain sel otot yang mengalami kelelahan setelah berolahraga, Streptococcus sp. yang digunakan dalam pembuatan yogurt.

Nah demikian yang kita bahas untuk artikel kali ini, ohya temukan soal lainnya pada label soal. Jangan lupa untuk memberikan kontribusi pada website ini dengan memberikan saran dan komentar jika ada yang perlu ditingkatkan. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url