JIKA DALAM REAKSI SIKLUS KREBS DIHASILKAN 6 NADH DAN 2 FADH2

Siklus Krebs dihasilkan 6 NADH dan 2 FADH₂, Maka Berapa Energi Yang dihasilkan -  Siklus krebs merupakan bagian dari respirasi aerob yang didalamnya terdapat beberapa proses yang cukup kompleks. Namun inti dari siklus ini adalah untuk dapat menghasilkan energi. Sebelum memasuki tahap siklus krebs, tahapan respirasi aerob dimulai dari glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, lalu memasuki tahap siklus krebs kemudian masuk ke tahap akhir yaitu transfer elektron.

Pengertian Siklus Krebs dan Fungsinya

Siklus Krebs merupakan rangkaian reaksi metabolisme respirasi aerob pada sel yang menghasilkan energi dari asam piruvat hasil dari glikolisis. Proses ini terjadi dalam mitokondria sel yang membawa asetat aktif berupa Asetil Ko-A dengan oksidasi glukosa yang diubah menjadi karbondioksida (CO2) dan Hidrogen (H2O).

Terkait dengan segi metabolisme biokimia, siklus krebs berasal dari karbohidrat yang keluar membentuk lemak, sedangkan bahan yang masuk untuk siklus ini berasal dari asam amino yang keluar membentuk karbohidrat. 

Proses tersebut mengakibatkan pelepasan dan penangkapan ATP sebagai energi untuk jaringan. Sehingga, siklus krebs ini merupakan proses konversi lemak dan karbohidrat (glikolisis) menjadi energi berupa ATP (adenosin trifosfat).

Adapun siklus krebs ini memiliki beberapa fungsi, yakni menghasilkan sebagian besar karbondioksida (CO2), sebagai penghasil koenzim tereduksi yang menggerakan rantai pernapasan untuk produksi ATP dan mengonversi energi dan zat berlebih untuk digunakan dalam sintesis asam lemak sebelum pembentukan trigliserida.

Soal

Jika dalam reaksi siklus krebs dihasilkan 6 NADH dan 2 FADH₂, jumlah energi yang dihasilkan sama dengan..

A. 6 ATP
B. 18 ATP
C. 22 ATP
D. 34 ATP
E. 38 ATP

Jawaban

C. 22 ATP

Pembahasan :

Hasil berupa energi yang didapat dari penguraian NADH dan FADH₂. Energi yang dihasilkan dari 1 NADH adalah 3 ATP. Adapun energi yang dihasilkan dari FADH₂ adalah 2 ATP. Maka energi yang dibentuk dari NADH dan FADH₂ adalah

6 NADH X 3 = 18 ATP, dan 2 FADH₂ X 2 = 4 ATP. Oleh karena itu, total energi yang dihasilkan pada siklus krebs sama dengan 22 ATP.

Demikian pembahasan dari soal Siklus Krebs dihasilkan 6 NADH dan 2 FADH₂. Semoga pembahasannya dapat dipahami dan bisa mempermudah kalian dalam belajar. Ohya silahkan memberikan saran untuk peningkatan website ini. Dukungan kalian sangat berguna bagi kami dalam memperbaiki website agar sesuai dengan kebutuhan kalian. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url