PERNYATAAN YANG BENAR TENTANG REAKSI PADA FOTOSINTESIS

Pernyataan Berikut Yang Benar Mengenai Reaksi Gelap dan Reaksi Terang Fotosintesis - Apa itu fotosintesis? Apakah fotosintesis hanya bisa dilakukan oleh tanaman? Mengapa manusia tidak dapat melakukan fotosintesis? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab ketika kalian memahami makna dari serangkaian proses fotosintesis. 

Secara bahasa, fotosintesis berasal dari bahasa Yunani, yaitu foto yang berarti cahaya dan synthesis yang berarti penggabungan. Secara sederhana, fotosintesis adalah proses reaksi penggabungan berbagai zat untuk menghasilkan makanan oleh tumbuhan dengan melibatkan cahaya matahari. 

Perlu kalian ketahui bahwa tidak hanya tumbuhan yang dapat melakukan fotosintesis. Beberapa spesies bakteri, protista, dan alga juga dapat melakukan fotosintesis asalkan memiliki pigmen warna yang dapat menyerap spektrum cahaya tampak, dari ungu hingga merah. Pigmen warna tersebut tidak hanya klorofil yang berwarna hijau, Sobat. Ada juga xantofil yang berwarna jingga dan karoten yang berwarna kuning. Organisme yang dapat melakukan fotosintesis disebut sebagai organisme autotrof karena dapat membuat makanan sendiri berupa glukosa.

Soal

Pernyataan yang benar tentang reaksi pada fotosintesis adalah...

A. pada reaksi fotosintesis terjadi pengikatan CO2
B. pembentukan NADPH terjadi pada aliran elektron siklik reaksi terang
C. fosforilasi pada reaksi terang tidak dikendalikan oleh cahaya
D. pada fase reduksi reaksi gelap, terjadi pembentukan molekul gula berkarbon 3
E. RuBP sebagai aseptor CO2 dibentuk kembali pada fase reduksi

Jawaban :

D. pada fase reduksi reaksi gelap, terjadi pembentukan molekul gula berkarbon 3

Pembahasan :

Reaksi terang adalah reaksi fotosintesis yang membutuhkan cahaya matahari. Proses reaksi ini terjadi di dalam grana. Berikut tahapan reaksi terang pada fotosintesis:
  1. Klorofil menangkap foton dari cahaya matahari dan mengubahnya menjadi energi penggerak elektron 
  2. Fotolisis yaitu terjadi pemecahan molekul air oleh elektron yang berasal dari fotosistem sehingga dilepaskan elektron, hidrogen dan oksigen. Elektron digunakan dalam fosforilasi dan hidrogen digunakan untuk mereduksi NADP+ menjadi NADPH
  3. Fosforilasi siklik nonsiklik. Fosforilasi siklik menghasilkan ATP, sedangkan fosforilasi nonsiklik menghasilkan NADPH dan ATP
Reaksi gelap adalah reaksi fotosintesis yang tidak memerlukan cahaya. Proses reaksi ini terjadi di dalam stroma. Berikut tahapan reaksi gelap pada fotosintesis:
  1. Fase fiksasi, pengikatan CO2 oleh RuBP (ribulosa bifosfat) dan membentuk senyawa APG (asam fosfoliserat)
  2. Fase reduksi, APG tereduksi menjadi APGL (asam fosfogliseraldehida) yang mempunyai 3 karbon (6 CO2 membentuk 12 molekul APGL)
  3. Fase regenerasi, 10 APGL direduksi kembali menjadi RuBP dan sisanya (2 APGL) diubah menjadi glukosa.
Nah gimana pembahasan yang saya sajikan dalam artikel tentang Reaksi Terang Fotosintesis dan Reaksi Gelap Fotosintesis. Semoga dapat memberikan pemahaman tentang materi yang kalian sedang pelajari. Ohya apabila artikel ini sangat bermanfaat silahkan kalian untuk membagikannya dalam media sosial kalian. Jangan lupa saran untuk membangun website ini. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url