SENYAWA YANG MERUPAKAN GUGUS PROSTETIK KOENZIM PENYUSUNAN SUATU ENZIM

Senyawa Yang Merupakan Gugus Prostetik Koenzim Penyusun Suatu Enzim - Gugus Prostetik yaitu bagian enzim yang tidak tersusun dari protein, tetapi dari ion-ion logam atau molekul-molekul organik yang disebut koenzim. Molekul gugus prostetik lebih kecil dan tahan panas (termostabil), ion-ion logam yang menjadi kofaktor berperan sebagai stabilisator agarenzim tetap aktif.

Enzim merupakan suatu protein berukuran cukup besar yang berfungsi untuk mempercepat reaksi metabolisme dalam sel makhluk hidup tanpa ikut bereaksi.

Enzim adalah protein yang bertindak sebagai katalis di dalam tubuh makhluk hidup. Sehingga enzim disebut juga sebagai biokatalisator. Enzim dibuat di dalam sel-sel yang hidup. Sebagian besar enzim bekerja di dalam sel atau enzim intraseluler sebagai contoh adalah katalase.

Soal

Senyawa yang merupakan gugus prostetik koenzim penyusun suatu enzim, antara lain.....

A. FMN, FAD⁺, dan Vitamin B₁
B. vitamin B₂, NAD⁺, dan Fe
C. vitamin B₆ dan B₁, dan Cl
D. ion K, Zn, dan Ca
E. ion Na, Mg, dan Cu

Jawaban :

A. FMN, FAD⁺, dan Vitamin B₁

Pembahasan :

Enzim merupakan biokatalisator yang mempercepat reaksi tanpa ikut bereaksi. Enzim tersusun atas 2 bagian yaitu apoennzim (enzim yang tersusun dari protein), gugus prostetik (enzim yang tersusun dari nonprotein)

Berdasarkan bahan penyusunnya, gugus prostetik terbagi menjadi dua:
  1. Koenzim (tersusun dari bahan organik) Contohnya FADH, NADH, vitamin (vitamin B1, B2, B6, niasin, dan biotin), dan koenzim A (turunan asam pentotenat).
  2. Kofaktor (tersusun dari bahan anorganik) Contoh: Ion logam (Zn2+, Cu2+, Mn2+, Mg2+, K+, Fe2+, dan Na+) dan kalsium yang mengoptimalkan enzim ptialin dalam menguraikan molekul gula kompleks.
Nah itu tadi pembahasan dari soal yang kalian kerjakan. Semoga dengan pemabahasan ini kalian bisa memahami apa yang kalian pelajari tentang Senyawa yang merupakan gugus prostetik koenzim penyusun suatu enzim. Jangan lupa untuk membagikan artikel yang bermanfaat ini dan berikan kami saran untuk dapat mengembangkan website ini. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url