PERNYATAAN DI BAWAH INI YANG BUKAN SIFAT ENZIM ADALAH

Pernyataan Di bawah ini Yang Bukan Sifat Enzim - Sebagian besar enzim, terdiri atas dua komponen penyusun, yakni protein (apoenzim) dan non-protein (gugus prostetik). Apoenzim adalah komponen paling dominan dalam struktur enzim. Selain itu, apoenzim ini bersifat labil karena mudah dipengaruhi oleh perubahan suhu dan pH, serta tidak tahan panas. Adapun gugus prostetik terdiri dari ion anorganik dan ion organik kompleks. Ion anorganik dalam gugus prostetik disebut sebagai kofaktor. Fungsi kofaktor ialah katalis yang mampu meningkatkan kerja enzim. Sedangkan ion organik dalam gugus prostetik disebut koenzim, yang berfungsi untuk memindahkan zat kimia dari satu enzim ke enzim lain.

Soal

Pernyataan di bawah ini yang bukan sifat enzim adalah ...

A. bekerja reversible
B. mengubah substrat tertentu / khusus
C. sangat aktif bekerja pada suhu tinggi
D. tahan suhu rendah
E. jika enzim berbeda, hasil akhirnya juga berbeda

Jawaban :

C. sangat aktif bekerja pada suhu tinggi

Pembahasan : 

Enzim memiliki 4 ciri khas yaitu :
  1. Enzim merupakan biokatalisator yaitu hanya mengubah kecepatan reaksi dengan menurunkan energi aktivasinya. 
  2. Enzim bekerja secara spesifik yaitu hanya bekerja pada substrat yang spesifik untuk membentuk produk yang spesifik juga
  3. Enzim bekerja secara reversible yaitu dapat melakukan reaksi dua arah dari substrat menjadi produk atau produk menjadi substrat
  4. Enzim memiliki sifat seperti protein diantaranya bekerja pada suhu optimum, kinerja menurun pada kondisi asam atau basa kuat dan akan terdenaturasi/rusak pada suhu tinggi.
Nah itu tadi pembasahan tentang soal yang tidak termasuk sifat enzim. Semoga kalian bisa memahami apa saja yang menjadi sifat-sifat enzim. Jangan lupa untuk memberikan saran tentang website kami ini. Terima kasih atas kunjungannya.
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url