BIASANYA DOKTER MENGINJEKSIKAN JARUM SUNTIKNYA KE PASIEN PADA JARINGAN IKAT LONGGAR

Biasanya Dokter Menginjeksikan Jarum Suntiknya Ke PasienPada Jaringan Ikat Longgar - Jaringan ikat merupakan salah satu dari empat kelas utama jaringan yang jumlahnya paling banyak dan tersebar luas. Jaringan ini terdiri dari tiga komponen utama, yaitu sel, serat dan substansi dasar. Seperti rangka kayu pada rumah, fungsi jaringan ikat adalah untuk menopang, melindungi, dan memberi struktur pada jaringan dan organ lain di dalam tubuh. 

Jaringan ikat adalah salah satu dari empat kelas utama jaringan. Meskipun merupakan jaringan primer yang paling melimpah dan tersebar luas, tetapi jumlah jaringan ikat pada organ tertentu bervariasi. Seperti rangka kayu pada sebuah rumah, jaringan ikat menyediakan struktur dan sokongan di seluruh tubuh.

Fungsi Jaringan Ikat

Dengan melihat struktur dan jenis jaringan ikat di atas, bisa disimpulkan bahwa ada lima fungsi utama jaringan ikat, antara lain:
  • Mengikat dan menyokong. Jaringan ikat mengikat dan menyokong antar jaringan dan antar organ.
  • Melindungi organ dari kerusakan akibat cedera.
  • Menyimpan bahan bakar cadangan.
  • Sebagai bantalan dan isolasi (jaringan adiposa)
  • Mengangkut zat di dalam tubuh, seperti yang dilakukan oleh darah.
Soal

Biasanya dokter menginjeksikan jarum suntiknya ke pasien pada jaringan ikat longgar....

A. mukosa
B. areolar
C. lemak
D. retikuler
E. retikulo-endotel

Jawaban :

B. areolar

Pembahasan :

Dokter umumnya menginjeksikan jarum suntik ke pasien di jaringan ikat longgar areolar. Ini karena jaringan ikat ini bersifat fleksibel dengan substansi dasar yang relatif cair. Selain itu, jaringan ini juga terdapat diantara kulit dengan otot. Jaringan ikat mukosa terdapat pada tali pusar bayi. Jaringan lemak biasanya terdapat di bagian hipodermis kulit. Jaringan retikuler banyak terdapat di nodus limfatikus, sumsum tulang belakang dan juga hati. Sementara itu sistem retikuloendotel berisi sel-sel fagosit yang menyusun jaringan retikuler. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Demikian informasi dari pembahasan terkait dengan jaringan ikat areolar saat para dokter menyuntikkan suatu jarum suntik ke tubuh manusia. Sekarang pengetahuan ini sudah saya transfer ke kalian. Silahkan kalian berbagi ilmu yang bermanfaat ini kepada teman-teman kalian yang sedang membutuhkan pengentahuan tambahan terkait dengan ilmu kedokteran atau biologi pada umumnya. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url