JENIS PROTEIN PLASMA DARAH YANG BERFUNGSI DALAM KEKEBALAN TUBUH YAITU

Jenis Protein Plasma Darah Yang Berfungsi Dalam Kekebalan Tubuh - Plasma darah adalah cairan berwarna kekuningan yang bertugas membawa sel darah. Tidak hanya sel darah, plasma darah juga berperan membawa berbagai nutrisi penting yang menunjang kesehatan tubuh. Plasma darah merupakan bagian darah yang cenderung terlupakan. Padahal, peran dari plasma darah dalam tubuh tidak kalah penting dibanding dengan sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

Plasma terdiri dari air, elektrolit metabolit, zat makanan dan hormon. Bagian bagian padat dari plasma adalah sekitar 8 % sampai 9 %. Protein plasma merupakan bagian utama zat padat cairan plasma, yaitu sekitar 6 % sapai 8 %, sehingga nilai berat jenis plasma berhubungan erat dengan total protein yang terkandung didalamnya. Jumlah total protein plasma dapat diperkirakan apabila berat jenis plasma sudah diukur (kleiner is et al, 1962).

Soal

Jenis protein plasma darah yang berfungsi dalam kekebalan tubuh, yaitu....

A. Fibrinogen
B. Albumin
C. Alfa globulin
D. Beta globulin
E. Gamma globulin

Jawaban :

E. Gamma globulin

Pembahasan :

Plasma darah mengandung 92% air, 7% protein plasma serta 1% bahan campuran kompleks organik, anorganik dan gas darah. Protein plasma terdiri atas
  • Albumin : untuk menjaga volume dan tekanan darah
  • Globulin, terdiri atas : Alfa dan beta globulin disintesis di hati serta berfungsi sebagai molekul pembawa lipid, hormon, dan berbagai substrat lainnya & Gamma globulin (imunoglobulin) merupakan antibodi yang berfungsi dalam imunitas tubuh dan disintesis di jaringan limfoid
  • Fibrinogen. : berperan dalam pembekuan darah
Itulah Pembahasan soal tentang protein plasma darah, adapapun kekurangan dalam pembahasan kali ini silahkan berikan saran ke dalam kotak komentar di bawah ini. Semoga jawaban soal ini membantu kalian dalam menjawab suatu soal. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url