BERIKUT INI ADALAH PROTOZOA. DI ANTARA PROTOZOA YANG TERMASUK DALAM KELOMPOK FLAGELLATA

Di Antara Protozoa Yang Termasuk Dalam Kelompok Flagellata - Flagellata (dalam bahasa Latin diambil dari kata “flagell” yang berarti cambuk) atau Mastigophora (dari bahasa Yunani,”mastig” yang berarti cambuk, dan “phora” yang berarti gerakan), dalam taksonomi kuno Flagellata merupakan salah satu kelas dalam filum protozoa atau protista yang mirip hewan, namun dalam taksonomi modern menjadi superkelas yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu fitoflagelata dan zooflagelata.

Alat gerak Flagellata adalah flagellum atau cambuk getar, yang juga merupakan ciri khasnya, sehingga disebut Flagellata (flagellum = cambuk). Letak flagel berada pada ujung depan sel (anterior), sehingga saat bergerak seperti mendorong sel tubuhnya, namun ada juga letak flagel di bagian belakang sel (posterior).

Selain berfungsi sebagai alat gerak, flagela juga dapat digunakan untuk mengetahui keadaan lingkungannya atau dapat juga digunakan sebagai alat indera karena mengandung sel-sel reseptor di permukaan flagel dan alat bantu untuk menangkap makanan. Flagellata juga memiliki alat pernapasan yang disebut stigma. Stigma ini berfungsi sebagai alat respirasi yang dilakukan untuk pembakaran hidrogen yang terkandung di dalam kornel.

Soal

Berikut ini adalah gambar Protozoa.

Di antara Protozoa tersebut yang termasuk dalam kelompok Flagellata adalah ....

A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 5
E. 4 dan 5

Jawaban :

C. 1 dan 3

Pembahasan :

Flagellata memiliki ciri khas yaitu adanya satu hingga beberapa flagella pada ujung anterior tubuh yang berfungsi sebagai alat gerak. Selain dipakai untuk berenang, flagela juga berguna untuk menimbulkan arus yang dapat membawa makanan masuk ke dalam mulutnya. Flagela juga berfungsi sebagai alat sensor untuk mengetahui keadaan lingkungannya. Gambar nomor 1 adalah Chlamydomonas sp. sedangkan nomor 3 adalah Gonium. Keduanya termasuk ke dalam kelompok Flagellata.

Nah demikian artikel pembahasan kali ini, semoga bisa membantu kalian yang sedang galau dalam mengerjakan soal-soal yang banyak dalam satu hari. Semoga nilai kalian bagus dan memuaskan. Jangan lupa untuk belajar dan membuka buku sekalian dibaca nanti kita bahas sama-sama di dalam kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url