JIKA KADAR NITROGEN GUANIN DALAM DNA ADALAH 40%, KADAR BASA NITROGEN ADENIN ADALAH

Jika Kadar Nitrogen Guanin Dalam DNA adalah 40%, Kadar basa nitorgen adenin adalah - DNA singkatan dari Deoxyribose Nucleic Acid, merupakah satuan terkecil gen makhluk hidup. Bagaimana dan siapa penemu struktur DNA?  Secara umum, struktur DNA yang konvensional adalah heliks ganda (double helix); tersusun atas basa nitrogen Adenin, Guanin, Timin dan Sitosin; dan merupakan polimer dari monomer nukleotida (fosfat-gula deoksiribosa-basa nitrogen). Adenin dan Guanin termasuk purin. Sedang Sitosin dan Timin tergolong pirimidin.

Menurut Crick & Watson, struktur DNA  heliks ganda tersusun atas dua utas polinukleotida yang saling terhubung oleh ikatan hidrogen yang lemah. Ikatan hidrogen tersebut terbentuk antara dua basa nitrogen, Purin dan Pirimidin, yang saling berpasangan. Adenin (basa purin) berpasangan dengan Timin (basa pirimidin) yang terhubung dengan ikatan rangkap dua, sementara Guanin (basa purin) berpasangan dengan Sitosin (basa pirimidin) yang terhubung dengan ikatan rangkap tiga. Nah, berikut ini struktur molekul dari Adenin dan Guanin, serta Timin dan Sitosin:

Basa nitrogen tersebut terhubung ke suatu gula deoksiribosa pada rantai punggung DNA. Gula deoksiribosa merupakan modifikasi dari gula ribosa, yaitu gula dengan 5 atom karbon, di mana pada atom karbon nomor 2 kehilangan atom oksigennya. Oleh karena itu, gula tersebut dinamakan de-oksi yang berarti kehilangan oksigen. 

Pada rantai punggung DNA (DNA backbone), gula deoksiribosa kemudian terhubung dengan suatu gugus fosfat, tepatnya pada atom karbon nomor 5 dari gula deoksiribosa.

Soal

Jika kadar basa nitrogen guanin dalam DNA adalah 40%, kadar basa nitrogen adenin adalah...

A. 10%
B. 20%
C. 30%
D. 40%
E. 50%

Jawaban :

A. 10%

Pembahasan :

Dalam aturan Chargaff di tetapkan bahwa dalam DNA beruntai ganda:
  • Jumlah Adenin (A) = Timin (T)
  • Jumlah Guanin (G) = Sitosin (C)
  • Jumlah purin=jumlah pirimidin: ( A + G = T + C)
Berdasarkan aturan Chargaff tersebut maka:

G=C : Guanin = 40%, Sitosin = 40%.
G+C :40%+40%= 80%
A+T : 100%-80%=20%

Jadi adenin dan timin sama-sama mengandung kadar 10%
Nah itu tadi pembahasan dari soal kadar nitrogen guanin dalam DNA yang sebesar 40%. Bagaimana teman-teman. Sangat jelaskan kan pembahasannya. Semoga kalian bisa memahami ya. Ohya jika merasa ada pertanyaan silahkan di tanyakan dalam kolom komentar. Jangan lupa untuk support website ini supaya dapat berkembang sehingga membantu teman-teman yang lain ya. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url