Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pembentukan Urine Adalah

Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pembentukan Urine Adalah - Urine atau air seni maupun air kencing adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Eksreksiurin diperlukan untuk membuang molekul-molekul sisa dalam darah yang disaring oleh ginjal dan untuk menjaga homeostasis cairan tubuh. Namun, ada juga beberapa spesies yang menggunakan urin sebagai sarana komunikasi olfaktori.

Urin disaring di dalam ginjal, dibawa melalui ureter menuju kandung kemih, akhirnya dibuang keluar tubuh melalui uretra. Dari urin kita bisa memantau penyakit melalui perubahan warnanya. Meskipun tidak selalu bisa dijadikan pedoman namun ada baiknya kita mengetahui hal ini untuk berjaga-jaga. Urin merupakan cairan yang dihasilkan oleh ginjal melalui proses penyaringan darah. Oleh karena itu kelainan darah dapat menunjukkan kelainan di dalam urin.

Komposisi Urine

Urin terdiri dari air dengan bahan terlarut berupa sisa metabolisme (seperti urea), garam terlarut, dan materi organik. Cairan dan materi pembentuk urin berasal dari darah atau cairan interstisial. Komposisi urin berubah sepanjang proses reabsorpsi ketika molekul yang penting bagi tubuh, misal glukosa, diserap kembali ke dalam tubuh melalui molekul pembawa.

Cairan yang tersisa mengandung urea dalam kadar yang tinggi dan berbagai senyawa yang berlebih atau berpotensi racun yang akan dibuang keluar tubuh. Materi yang terkandung di dalam urin dapat diketahui melalui urinalisis. Urea yang dikandung oleh urin dapat menjadi sumber nitrogen yang baik untuk tumbuhan dan dapat digunakan untuk mempercepat pembentukan kompos.

Diabetes adalah suatu penyakit yang dapat dideteksi melalui urin. Urin seorang penderita diabetes akan mengandung gula yang tidak akan ditemukan dalam urine orang yang sehat.

Soal

Faktor yang mempengaruhi proses pembentukan urine adalah.....

A. Aldosteron, insulin, enzim renin, dan kadar lemak dalam darah
B. ADH, suhu lingkungan, dan jumlah air yang diminum
C. pH darah, alkohol, suhu tubuh, dan rasa lapar
D. usia, berat badan, suhu lingkungan, dan ADH
E. batu ginjal, usia,suhu tubuh, dan jenis makanan

Jawaban :

B. ADH, suhu lingkungan, dan jumlah air yang diminum

Pembahasan :

Faktor yang mempengaruhi proses pembentukan urine adalah:
  • Suhu lingkungan (sekresi ADH)
  • Jumlah air yang diminum
  • Alkohol
Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan urine adalah faktor internal berupa hormon ADH dan hormon insulin serta faktor eksternal berupa jumlah air yang diminum, suhu lingkungan, konsumsi zat diuretik, gejolak emosi dan stress. Proses pembentukan urin terjadi di ginjal yaitu pada bagian korteks ginjal yang berisi jutaan nefron.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan urine antara lain :
  1. faktor internal berupa hormon ADH dan hormon insulin
  2. faktor eksternal berupa jumlah air yang diminum, suhu lingkungan, konsumsi zat diuretik, gejolak emosi dan stress
Hormon ADH merupakan hormon yang memicu reabsorbsi air di ginjal. Saat hormon ADH meningkat maka urin yang diproduksi sedikit dan pekat.

Hormon insulin merupakan hormon yang dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Jika hormon insulin turun, maka urin yang diproduksi akan meningkat.
  • Jumlah air yang diminum semakin banyak, maka jumlah urin yang diproduksi akan meningkat.
  • Suhu lingkungan yang dingin akan memicu jumlah urin yang diproduksi akan meningkat.
  • Konsumsi zat diuretik seperti kopi dan alcohol juga memicu jumlah urin yang diproduksi akan meningkat.
  • Gejolak emosi dan stress yang tinggi memicu jumlah urin yang diproduksi akan meningkat.
Nah itu tadi pembahasan terkait dengan artikel kali ini tentang proses pembentukan urine. Semoga artikel ini menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk membagikannya kepada teman kalian jika kalian merasa artikel ini layak membantu mereka juga. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url