GEN YANG BERMUTASI DAPAT DITURUNKAN DARI GENERASI KE GENERASI BERIKUTNYA

Gen Yang Bermutasi Dapat Diturunkan Dari Generasi Ke Generasi Berikutnya - Mutasi adalah perubahan struktur materi genetik yang dapat diturunkan kepada generasi berikutnya jika terjadi pada sel gamet dan tidak diturunkan jika terjadi pada sel tubuh.

Berdasarkan tingkatan terjadinya, mutasi dibedakan menjadi dua, yaitu Mutasi gen dan Mutasi kromosom Mutasi gen dapat dibagi menjadi dua kategori umum bedasarkan mekanisme perubahan susunan basa nukleotida yaitu subtitusi pasangan basa dan penambahan atau pengurangan pasangan basa. Salah satu contoh mutasi gen yang terjadi pada manusia yang menyebabkan terjadinya perubahan fungsi akibat terbentuknya protein baru, yaitu kelainan sickle cell anemia. Gen penderita kelainan ini mengalami pergantian satu jenis basa dan menghasilkan kesalahan dalam susunan rantai polipeptida asam amino pada molekul hemoglobin.

Mutasi besar (gross mutation) adalah perubahan yang terjadi pada struktur dan susunan kromosom. Mutasi ini biasa disebut mutasi kromosom atau aberasi, yang terdiri dari delesi, duplikasi, inversi, dan traslokasi.

Mutasi kromosom sering terjadi karena kesalahan meiosis. Mutasi kromosom dibedakan menjadi dua yaitu, perubahan jumlah kromosom dan perubahan struktur kromosom. Perubahan jumlah kromosom dapat dibedakan menjadi aneuploidi (penambahan atau pengurangan satu atau beberapa kromosom) dan
euploidi (penambahan atau pengurangan set kromosom).

Soal :

Gen yang bermutasi dapat diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya, jika mutasi terjadi pada sel ....

A. kulit
B. kelamin
C. rahim
D. tubuh
E. darah

Jawaban :

B. Kelamin

Pembahasan :

Mutasi gen ada yang bersifat dapat diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya, ada yang tidak. Mutasi gen yang terjadi pada sel-sel somatik (sel-sel tubuh), seperti kulit, darah, maupun rahim, umumnya tidak dapat diturunkan. Akan tetapi, mutasi gen yang terjadi pada sel kelamin dapat diwariskan ke keturunannya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Nah itu tadi pembahasan kali ini tentang artikel soal biologi materi gen. Oke jika kalian ingin beramal silahkan bagikan informasi ini kepada teman-teman kalian yang membutuhkan. Semoga informasi yang bermanfaat ini dapat memberikan dampak positif kepengetahuan kalian terkait dengan ilmu biologi. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url