Download Soal Pretest PPG 2022 Guru SD pdf Lengkap Terbaru

Download Soal Pretest PPG 2022 Guru SD pdf Lengkap - Berbicara PPG dalam jabatan sendiri, bukan hanya seleksi administratif saja yang harus dipenuhi, melainkan juga ada ujian yang harus dilewati agar sampai bisa lulus PPG tersebut.

Sesuai dengan ketentuan, soal pretest PPG dibagi dalam tiga jenis, yakni: tes kompetensi pedagogik, tes kompetensi kepribadian dan sosial dan tes kompetensi profesional. Dan, tiap jenis tes ini berbentuk pilihan ganda yang di dalamnya sudah terdapat empat jawaban yang harus dipilih salah satunya. 

Kompetensi Pedagogik
Pengertian dari kompetensi pedagogik adalah tes kemampuan tenaga pendidik khususnya untuk mengukur tingkat pemahaman terhadap para peserta didiknya, proses merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran, melakukan evaluasi hasil belajar, dan mendorong sekaligus mengembangkan potensi tiap peserta didik agar bisa mengaktualisasikan kemampuannya.

Secara teknis tes kompetensi pedagogik diukur berdasarkan ketentuan yang diatur dalam Permendiknas No. 16 Tahun 2007,  di antaranya seperti berikut ini:
  1. Menguasai dan memahami tiap karakter para peserta didik dari berbagai aspek seperti: fisik, moral, kultural, sosial, emosional hingga tingkat intelektualitasnya.
  2. Menguasai dan memahami teori pembelajaran serta prinsip pembelajaran yang mendidik para peserta didik.
  3. Melakukan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan bidang dan mata pelajaran yang diampu.
  4. Melaksanan kegiatan pengembangan pembelajaran yang mendidik.
  5. Memanfaatkan sepenuhnya teknologi informasi dan komunikasi khususnya untuk kebutuhan dan kepentingan pelaksanaan kegiatan pengembangan yang mendidik para peserta didik.
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi kepribadian adalah tes untuk mengukur kemampuan tenaga pendidik secara personal dengan berazaskan kepribadian yang stabil, dewasa, arif, bijaksana, berwibawa serta mantap dan mampu memberikan teladan ataupun contoh kepada peserta didik.

Dengan melakukan pengukuran indikator kompetensi kepribadian melalui beberapa hal berikut ini, di antaranya:
  1. Bekerja dan bertindak sesuai dengan kaidah dan norma agama, hukum yang berlaku, sosial budaya sesuai karakter masyarakat Indonesia.
  2. Mencerminkan kepribadian sebagai tenaga pendidik yang jujur dan mampu menjadi teladan untuk para siswanya maupun masyarakat.
  3. Menjaga dan menjunjung kode etik profesi.
  4. Memiliki etos dan semangat kerja serta tanggung jawab dan rasa percaya diri yang tinggi sebagai tenaga pendidik.
Kompetensi Sosial
Kompetensi sosial adalah kemampuan seorang guru dalam membangun komunikasi dan berinteraksi dengan para peserta didik, masyarakat maupun orang tua secara efektif dan luwes.
 
Tes ini diukur dengan mengacu beberapa indikator berikut ini:
  1. Objektif dan inklusif dan tidak berlaku diskriminatif terhadap para peserta didik baik dalam hal suku, agama dan ras tapi juga dari sisi status sosial dan ekonominya.
  2. Santun dan empatik serta mampu membangun komunikasi secara efektif baik antar pendidik maupun orang tua dan masyarakat pada umumnya.
Kompetensi Profesional
Pretest ini dilakukan untuk mengukur penguasaan tiap materi belajar mulai dari kurikulum mata pelajaran, substansi tingkat keilmuan dari materi pembelajaran dan metodologi dalam keilmuannya.

Dengan indikator penilaian mengacu pada beberapa hal berikut ini:
  1. Memiliki kemampuan dan penguasaan materi pembelajaran mulai dari konsep, struktur dan metodologi keilmuan yang sesuai dengan mata pelajaran.
  2. Memiliki penguasaan kompetensi dasar dari mata pelajaran yang diampu.
  3. Memiliki kreativitas dalam mengembangkan materi pelajaran.
  4. Memanfaatkan kecanggihan teknologi baik untuk membangun komunikasi maupun mengembangkan kualitas diri secara personal.
Berikut Contoh Soal PPG Guru SD Serta Kuncinya

83. Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah bagi siswa.

Bagi siswa mempelajari sejarah memiliki beberapa manfaat. Berikut yang bukan merupakan manfaat mempelajari sejarah bagi siswa yaitu. . .

A. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
B. Menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap landasan sikap yang akan ditempuhnya
C. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan
D. Menumbuhkan apresisasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau

84. Mengurutkan perkembangaran sejarah di Indonesia.
Bagaimana keadaan Indonesia setelah adanya perjanjian KMB?
A. Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
B. Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta
C. Indonesia menjadi negara serikat (RIS)
D. Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia

85. Menjelaskan hubungan pembelajaran sejarah dengan antropologi. (diberikan soal kasus)
Antropologi sebagai salah satu dari ilmu sosial memiliki kaitan dan sumbangan kepada ilmu sejarah begitu juga sebaliknya. Dalam penulisan sejarah, sejarawan tidak jarang menggunakan teori dan konsep antropologi. Berikut konsep antropologi yang sering digunakan sejarawan, kecuali. . .
A. enkulturasi
B. primitif
C. folklore
D. prasasti

86. Menemukan makna Bhineka Tunggal Ikka dalam kehidupan sehari-hari.
Eko adalah siswa kelas V SD Bumi Pertiwi. Pada suatu hari Pak Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan Togar, Lusi, Intan dan Rully. Bagaiman sebaiknya sikap Eko?
A. Eko bersedia satu kelompok dengan Togar karena Togar orang Batak sedangkan di orang Jawa
B. Eko tidak bersedia satu kelompok dengan Rully karena Rully bukan teman dekatnya
C. Eko bersedia berkelompok dengan mereka karena mereka semua pandai
D. Eko bersedia berkelompok dengan siapun karena semua adalah teman

87. Menggali pengalaman butir-butir Pancasila.
Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan, merupakan pengalaman Pancasila sila ke- . . .
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Lima

88. Mengemukakan suku bangsa yang ada di Indonesia.(diberikan kasus salah satu suku bangsa di Indonesia).

Bangsa Indonesia memiliki ratusan suku bangsa beserta adat dan budayanya. Masing- masing suku mempunyai keunikan tersendiri yang merupakan kekayaan budaya nasional. Berikutciri-ciri salah satu suku yang ada di pulauJawa :
- Tidak diperkenankan menggunakan kendaraan untuk sarana transportasi
- Tidak diperkenankan menggunakan alas kaki
- Larangan menggunakan alat elektronik
- Pintu rumah harus menghadap utara/selatan Suku tersebutadalah. . .

A. Suku Asmat
B. Suku Bugis
C. Buku Badui
D. Suku Dayak

89. Membuktikan potensi sumber daya alam di Indonesia. (diberikan soal kasus) Negara Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, salah satunya yaitu timah. Daerah yang menghasilkan lebih dari 20% produksi timah putih dunia adalah . . .
A. Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep
B. Kepulauan Natuna
C. Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida
D. Pulau Kalimantan

90. Merencanakan penggunaan ICT dalam pembelajaran IPS SD
Pada pemebelajaran IPS kelas V dengan materi Perjuangan Bangas Indonesia Melawan Penjajah, Pak Ridwan ingin menyajikan pemebelajaran yang menyenangkan dan mudah diingat serta dimengerti oleh anak didiknya. Media apa yang harus digunakan pak Ridwan?
A. Video
B. Slide
C. Corel draw
D. Radio

Nah itu beberapa pembahasan untuk artikel kali ini terkait dengan PPG Guru SD. Untuk mencapai kesuksesan Bapak dan Ibu Guru silahkan di pahami dulu kompetensi apa saja yang diperlukan untuk pretest PPG Dalam Jabatan 2022. Contoh soal ini hanya contoh kemungkinan beberapa soal dengan tipe yang sama dalam pretest nanti. Oke selamat belajar dan saya doakan semua lolos untuk menjadi peserta PPG Dalam jabatan 2022. Terima kasih atas kunjungannya.

Silahkan Klik di Bawah ini
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url