Pembuatan Insulin Dengan Menyisipkan Gen Pembentuk Insulin Dengan Gen Bakteri

Pembuatan Insulin Dengan Menyisipkan Gen Pembentuk Insulin Dengan Gen Bakteri adalah Salah Satu Contoh Aplikasi Bioteknologi Yang Disebut ? - Hai sobat selamat datang kembali di website berbagi ini, kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Insulin. Oke langsung saja kita bahas bahwa Insulin merupakan sebuah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Insulin bersama dengan glukagon bekerja sama untuk mengatur kadar glukosa dalam darah. Bila kadar glukosa dalam darah tinggi, insulin akan disekresikan sehingga glukosa dapat diubah menjadi glikogen. Kekurangan hormon insulin menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah, yang disebut dengan penyakit diabetes melitus. Salah satu pengobatan yang digunakan oleh pasien diabetes melitus adalah dengan suntik insulin. Cara kerja insulin buatan yang disuntikkan ke pasien diabetes melitus hampir sama dengan insulin alami dalam tubuh manusia. 

Soal

Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut....

A.kloning
B.mutasi
C.transplantasi
D.rekayasa genetika

Jawaban :

D. Rekayasa genetika

Pembahasan :

Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut rekayasa genetika. Ada beberapa cara untuk mendapatkan DNA rekombinan melalui rekayasa genetika, diantaranya adalah teknologi plasmid, fusi sel (teknologi hibridoma), dan transplantansi inti. Plasmid digunakan sebagai vektor atau pembawa gen untuk memasukkan gen ke dalam sel target. 

Contoh aplikasi penggunaan teknologi plasmid yang telah dikembangkan manusia adalah produksi insulin secara besar-besaran. Insulin dibuat di dalam tubuh manusia dengan dikontrol oleh gen insulin. Insulin ini kemudian diambil dari pulau langerhans tubuh manusia, lalu disambungkan ke dalam plasmid bakteri. Untuk menghubungkan gen insulin dengan plasmid diperlukan rekombinasi genetik. Dalam rekombinasi DNA dilakukan pemotongan dan penyambungan DNA.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Nah demikian pembahasan soal kali ini dalam artikel pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk dengan gen bakteri ternyata termasuk rekayasa genetika. Semoga dengan pembahasan ini sobat bermanfaat dapat terbantu dalam memahaminya. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url