Organel Berikut Yang Tidak Terdapat Pada Sel Jamur Adalah

Berikut jawaban dari soal Organel Yang Tidak Terdapat Pada Sel Jamur Adalah ? - Hay sobat bermanfaat kali ini admin akan membahas tentang orgenl yang ada di jamur. Untuk itu kita bahas dulu tentang sel-sel jamur adalah jenis sel yang membentuk struktur fungi, apakah mereka bersel tunggal atau berfilamen. Fungi adalah sekelompok organisme yang, meskipun memiliki karakteristik yang sama dengan tumbuhan, termasuk dalam kingdom yang terpisah; Kingdom Fungi. Ini karena fungi memiliki karakteristik tertentu yang tidak memungkinkan jamur untuk dikelompokkan dengan makhluk hidup lainnya.

Perbedaan-perbedaan ini terutama disebabkan oleh karakteristik sel yang menyusunnya. Sel-sel jamur memiliki beberapa organel yang tidak ditemukan pada yang lain, seperti tubuh Wron, selain menjadi mutinukleasi, binukleat, dan bahkan anukleat.

Dalam jamur berfilamen, sel-sel fungi ini membentuk hifa, yang bersama-sama membentuk miselium, yang pada gilirannya membentuk tubuh buah jamur. Studi tentang jenis sel ini sangat menarik dan masih banyak hal yang harus diklarifikasi tentangnya.

Soal

Organel berikut yg tidak terdapat pada sel jamur adalah....
A. membran tilakoid
B. mitokondria
C. ribosom
D. nukleus
E. membran plasma sel

Jawaban :

A. membran tilakoid

Pembahasan :


Sel jamur memiliki dinding sel yang mengandung zat kitin, membran sel, sitoplasma dan organel eukariotik, antara lain mitokondria, ribosom, dan inti sel (nukleus). Pada jamur tidak dijumpai membran tilakoid karena ini merupakan bagian dari kloroplas, sedangkan kloroplas tidak ditemukan pada jamur. 


Lebih lengkapnya ne sobat di bawah ini

Organel sel jamur dan fungsinya

1. Mitokondria
Mitokondria adalah organel yang sangat diperlukan dalam sel, karena proses respirasi seluler dilakukan di dalamnya, yang memberikannya persentase energi tertinggi. Mereka umumnya memanjang, berukuran hingga 15 nanometer.

Dengan cara yang sama mereka terdiri dari dua membran, yang eksternal dan internal. Membran bagian dalam terlipat dan terlipat, membentuk invaginasi yang dikenal sebagai punggungan mitokondria.

2. Aparatus Golgi
Ini tidak seperti badan Golgi dari sel-sel eukariotik lainnya. Itu terdiri dari satu set tangki. Fungsinya terkait dengan pertumbuhan sel, serta nutrisi.

3. Retikulum endoplasma
Retikulum endoplasma adalah kompleks membran yang di beberapa bagian ditutupi dengan ribosom (retikulum endoplasma kasar) dan di bagian lain tidak (retikulum endoplasma halus).

Retikulum endoplasma adalah organel yang terkait dengan sintesis biomolekul seperti lipid dan protein. Demikian pula, vesikel pengangkut intraseluler tertentu juga terbentuk di sini.

4. Mikrobodi
Mereka adalah jenis vesikel yang terutama mengandung enzim. Ini termasuk peroksisom, hidrogensom, lisosom, dan badan Wron.

Peroksisom: Ini adalah vesikel yang sering berbentuk bulat dan memiliki diameter perkiraan hingga 1 nanometer. Mereka menyimpan enzim seperti peroksidase di dalamnya. Fungsi utamanya adalah ß-oksidasi asam lemak tak jenuh.
Hidrogensom: organel berbentuk vesikel yang mengukur rata-rata diameter 1 nanometer. Fungsinya untuk menghasilkan molekul hidrogen dan energi dalam bentuk molekul ATP.
Lisosom: Mereka vesikel lebih besar dari yang sebelumnya dan yang memiliki fungsi pencernaan. Mereka mengandung enzim yang berkontribusi terhadap degradasi senyawa tertentu yang dicerna oleh sel. Beberapa enzim yang dikandungnya adalah: katalase, peroksidase, protease, dan fosfatase.
Badan Wöroning: mereka adalah organel yang memiliki sifat kristal yang hanya ada dalam jamur berfilamen. Bentuknya bervariasi, dan bisa persegi panjang atau rhomboidal. Mereka dikaitkan dengan septa antara masing-masing sel dan fungsinya adalah menyambungkannya jika perlu.
5. Ribosom
Ribosom adalah organel yang terbuat dari protein dan RNA. Mereka dapat ditemukan secara bebas di sitoplasma atau pada permukaan retikulum endoplasma. Ribosom adalah salah satu organel sitoplasma yang paling penting, karena mereka bertugas melakukan sintesis dan elaborasi protein.

6. Vakuola
Vakuola adalah organel khas sel tumbuhan dan jamur yang dibatasi oleh membran yang mirip dengan membran plasma. Kandungan vakuola sangat bervariasi, mampu menjadi air, garam gula dan protein, serta satu atau lain elektrolit. Di antara fungsi-fungsi yang mereka penuhi di dalam sel adalah: penyimpanan, pengaturan pH dan pencernaan.

7. Inti sel
Inti sel adalah salah satu struktur paling penting dari sel jamur, karena mengandung semua bahan genetik jamur, dibatasi oleh membran nuklir. Membran ini memiliki pori-pori kecil yang memungkinkan komunikasi antara sitoplasma dan bagian dalam nukleus.

Bahan genetik terkandung dalam nukleus, yang dikemas membentuk kromosom. Ini kecil dan granular dan jarang berfilamen. Tergantung pada spesies jamur, sel akan memiliki jumlah kromosom tertentu, meskipun selalu terletak antara 6 dan 20 kromosom.

Membran nuklir memiliki kekhasan yang bertahan selama proses pembelahan sel atau mitosis. Ini menyajikan nukleolus yang dalam banyak kasus memiliki posisi sentral dan cukup menonjol.

Demikian juga, tergantung pada saat siklus hidup jamur, nukleus dapat menjadi haploid (dengan setengah beban genetik spesies) atau diploid (dengan muatan genetik lengkap spesies).

Akhirnya, tergantung pada jenis jamur, jumlah nuklei akan bervariasi. Pada jamur uniseluler seperti tipe ragi, ada satu nukleus. Berlawanan dengan ini, jamur berfilamen, seperti basidiomycetes atau ascomycetes, memiliki jumlah variabel inti, untuk setiap hifa.

Ini adalah bagaimana ada hifa monokariotik, yang memiliki nukleus tunggal, hifa dicariotic, dengan dua nukleus, dan hifa polikariotik, yang memiliki lebih dari dua nuklei.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url