Dalam Sintesis Protein Terjadi Proses Transkripsi. Kejadian Pada Proses Transkripsi

Dalam Sintesis Protein Terjadi Proses Transkripsi. Kejadian Pada Proses Transkripsi - protein merupakan rantai panjang asam amino yang disintesis berdasarkan kode yang dibawa oleh informasi genetik berupa DNA.

Nah, sekarang kalian tahu nggak kalau ternyata protein dapat terbentuk dalam tubuh kita melalui proses yang namanya sintesis protein. Apa sih sebenarnya sintesis protein itu? Sintesis protein merupakan proses pembentukan protein yang melibatkan peran DNA dan RNA. RNA sendiri adalah materi genetik yang basa nitrogennya terdiri dari Adenin (A), Guanin (G), Sitosin (C) dan Urasil (U).

Secara sederhana, sintesis protein terdiri dari dua tahap, yaitu transkripsi dan translasi. Yuk, kita simak penjelasan lebih lengkapnya mengenai tahap sintesis protein.

Tahap pertama dalam sintesis protein adalah transkripsi. Dilihat dari namanya “transkrip”, dapat diketahui bahwa dalam proses ini terjadi penyalinan sebagian DNA. Kenapa harus disalin? Biar apa coba? Jadi, begini ya, DNA terletak di nukleus, sedangkan proses pembentukan protein berlangsung di ribosom yang letaknya di sitoplasma. DNA tidak dapat bergerak sendiri menuju ke ribosom, sehingga dibutuhkan fasilitator yaitu RNA polimerase untuk datang ke DNA, membuat cetakannya, dan menyuruhnya pergi ke ribosom.

Tahap kedua translasi. Apa itu translasi dan bagaimana tahapannya? Yuk, kita simak penjelasan berikut.Ketika mRNA terbentuk, maka mRNA atau RNA messenger atau RNA “pembawa pesan” bisa membawa kode hasil salinan DNA ke ribosom. mRNA berisi kumpulan dari kodon-kodon DNA.

Setelah tiba di ribosom, maka proses translasi dapat dimulai. Translasi merupakan proses penerjemahan kode DNA sehingga menghasilkan rantai polipeptida penyusun protein.

Secara singkat, sintesis protein merupakan proses pembentukan protein dari DNA oleh RNA yang tahapannya terdiri dari transkripsi dan translasi. Setelah mempelajari sintesis protein, kita dapat tahu bagaimana proses perubahan gen dari DNA sampai menjadi protein.

Kebutuhan protein dalam tubuh kita dipengaruhi oleh kualitas protein yang ada dalam makanan. Untuk memenuhi kebutuhan protein tersebut, kalian dianjurkan untuk mengonsumsi protein hewani seperti daging, telur, dan susu. Mungkin selama ini kalian udah makan banyak, tapi belum tentu ya makanan yang kalian konsumsi itu mengandung protein yang digunakan untuk sintesis protein. Jadi, jika kalian mudah lesu, gelisah, dan moody bisa jadi sintesis protein dalam tubuh kalian terganggu.

Soal

Dalam sintesis protein terjadi proses transkripsi. Kejadian pada proses transkripsi adalah…

A. merangkai asam-asam amino di ribosom menjadi protein
B. penerjemah kode oleh tRNA yang dibawa oleh mRNA
C. pencetakan mRNA oleh DNA di dalam inti sel
D. keluarnya mRNA dari dalam inti sel menuju ribosom
E. pembentukan tRNA di dalam ribosom oleh mRNA

Jawaban :

C. pencetakan mRNA oleh DNA di dalam inti sel

Pembahasan :

Sintesis protein terjadi melalui 2 tahapan yakni transkripsi dan translasi. Transkripsi adalah tahap dalam pembentukan/ sintesis protein yang merupakan pengubahan dari DNA ke RNA. Transkripsi bertujuan untuk membentuk m-RNA sebagai cetakan t-RNA untuk membawa asam amino sesuai kodon yang tersusun.

Jadi, dalam sintesis protein terjadi proses transkripsi. Kejadian pada proses transkripsi adalah pencetakan mRNA oleh DNA di dalam inti sel (C).

Nah demikian informasi yang bisa admin bagikan ke kalian tentang sintesis protein terjadi proses transkripsi. Semoga pembahasan kali ini bisa membantu kalian seperti artikel admin yang lainnya. Jangan lupa jadikan ilmu kalian sebagai amal jariyah yang diman berbagi ilmu itu sangat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url