Taksonomi dan Mikrobiologi Merupakan Cabang Biologi Yang Dapat Dimanfaatkan Oleh Manusia

Taksonomi dan Mikrobiologi Merupakan Cabang Biologi Yang Dapat Dimanfaatkan Oleh Manusia ? - Hay sobat bermanfaat my id, kali ini kita akan membahas cabang-cabang biologi. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu cabang ilmu pengetahuan yang akan kamu pelajari di sekolah adalah biologi. Biologi adalah sebuah studi mengenai organisme hidup dan kehidupannya. Seorang ahli biologi akan mempelajari struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, distribusi, identifikasi, hingga taksonomi. Ilmu biologi sendiri sudah mengalami kemajuan serta berkembang dengan pesat. Akibatnya, banyak cabang-cabang biologi baru yang bermunculan. Seorang ilmuwan tentu memiliki batasan akan ilmu yang bisa mereka pelajari, sehingga mereka akan lebih memilih untuk lebih fokus.

Cabang-cabang biologi akan dibagi berdasarkan objek kajiannya, nah dalam artikel kali ini kita akan membahas cabang-cabang biologi yang harus kamu ketahui.

Cabang-Cabang Biologi
Kemajuan zaman dan teknologi semakin membuka berbagai macam pengetahuan baru yang bermanfaat. Dalam bidang biologi kemajuan zaman ini memunculkan berbagai cabang pengetahuan yang baru. Beberapa cabang biologi yang harus kamu ketahui, diantaranya:

1. Genetika
Genetika adalah cabang ilmu biologi yang akan mempelajari segala macam hal mengenai gen, materi genetik (DNA dan RNA), dan pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya dan persilangan gen. Salah satu tokoh yang paling terkenal dari cabang ilmu ini adalah Gregor Johann Mendel biasa dikenal juga dengan bapak genetika modern.

2. Anatomi
Dalam dunia kedokteran, cabang ilmu biologi ini sangat penting. Kamu akan mempelajari tentang struktur tubuh dalam dari makhluk hidup. Mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Cabang anatomi yang khusus mempelajari hewan disebut dengan zootomi, sedangkan cabang anatomi untuk tumbuhan disebut dengan filotomi.

3. Histologi
Histologi adalah sebuah cabang ilmu biologi yang akan mempelajari tentang jaringan pada makhluk hidup, seperti jaringan epitelium, jaringan pengikat, jaringan penyokong, jaringan saraf, dan masih banyak lagi.

4. Taksonomi
Biologi juga mempelajari klasifikasi makhluk hidup yang biasa disebut dengan cabang ilmu taksonomi. Taksonomi adalah cabang ilmu biologi yang membahas penamaan, pengelompokan dan juga perincian dari berbagai macam makhluk hidup berdasarkan dengan persamaan dan juga perbedaan sifatnya. Nama kelompok klasifikasi disebut dengan takson.

5. Botani
Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang tumbuhan meliputi jenis, struktur, persebaran, dan klasifikasinya disebut dengan botani. Ilmu ini sangat berguna dan banyak digunakan dalam dunia pertanian. 

6. Mikrobiologi
Mikrobiologi adalah sebuah cabang ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme, seperti bakteri, protozoa, fungi, alga mikroskopik, dan Archaea. Beberapa mikroorganisme dapat menguntungkan, contohnya Lactobacillus bulgaricus berperan dalam fermentasi susu menjadi yoghurt. Namun, beberapa mikroorganisme dapat merugikan, contohnya Vibrio cholerae dapat menyebabkan kolera. Salah satu manfaat dari mikrobiologi yaitu dapat mengidentifikasi dan menemukan penyebab dari suatu penyakit, kemudian mencari obat untuk menanganinya. Karena di dalam mikrobiologi akan dipelajari bagaimana mikroorganisme itu hidup, bagaimana menekan jumlah hingga membunuhnya. 

7. Virologi
Selain mikrobiologi, ada cabang ilmu biologi yang mempelajari virus yaitu virologi. Sama halnya dengan mikrobiologi. Pada cabang biologi ini kamu akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan virus meliputi ciri-ciri atau karakteristik, kelompok, siklus hidup, peran, pencegahan dan cara mengatasinya.

8. Zoologi
Zoologi adalah cabang biologi yang memiliki studi mengenai kehidupan hewan. Zoologi mempelajari tentang struktur organisme hidup hingga kesatuan kehidupan subselular. Zoologi terbagi menjadi berbagai macam studi sesuai dengan jenis hewannya, yaitu:

Nematologi – studi tentang cacing gilig (nematoda)
Entomologi – studi serangga
Ornitologi – studi tentang burung
Mamalogi – studi tentang mamalia

Soal

Taksonomi dan mikrobiologi merupakan cabang biologi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia , untuk ....

A.menghasilkan senyawa antihama pada tanaman padi
B.memproduksi jenis makanan yang bernilai gizi tinggi
C.mengidentifikasi jenis-jenis mikrob penyebab penyakit
D.mengidentifikasi jenis-jenis hama serangga pada tanaman budi daya
E.menemukan vaksin untuk mengatasi infeksi virus jenis baru

Jawaban :

C.mengidentifikasi jenis-jenis mikrob penyebab penyakit

Pembahasan :

Biologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan termasuk organisme hidup yang hidup di dalamnya dari mulai sel sebagai penyusun terkecil tubuh kita hingga ke tingkat organisasi kehidupan yang tinggi yakni Biosfer. Ada banyak sekali cabang-cabang ilmu biologi, di antaranya taksonomi dan mikrobiologi. Taksonomi merupakan cabang ilmu tersendiri yang mempelajari penggolongan atau sistematika makhluk hidup. Sedangkan mikrobiologi adalah Ilmu yang mempelajari mikroba termasuk virus SARS-CoV-2 (dipelajari dalam sub-disiplin virologi).

Lebih jelasnya 

Taksonomi (taxonomy) merupakan salah satu cabang ilmu biologi yang merupakan rentetan proses penemuan, deskripsi, klasifikasi dan memberikan nama (nomenclature) pada suatu organisme.

Selain itu taksonomi merupakan sebagai bagian dari mempelajari hubungan tiap kelompok takson dan prinsip-prinsip yang ada di dalam proses klasifikasi yang lebih dikenal dengan sistematik.

Jadi sistematik (systematics) merupakan kajian yang lebih luas dari taksonomi tradisional dengan tambahan teori dan aspek praktis tentang evolusi, genetika dan spesiasi.

Selain itu, sistematik juga dapat digunakan untuk membantu mempelajari hubungan evolusioner antar organisme. Dalam konteks ini lebih banyak dikenal dengan filogeni (Phylogenetics).

Selain itu, taksonomi juga dapat diartikan sebagai mengklasifikan suatu organisme dalam tingkatan hirarki atau dalam tingkatan taksonomi (seperti kerajaan (kingdom), filum, kelas, bangsa (ordo), suku (famili), marga (genus) dan jenis (Spesies) berdasarkan karakter-karakter yang sama.

Mikrobiologi adalah sebuah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme. Objek kajiannya biasanya adalah semua makhluk (hidup) yang perlu dilihat dengan mikroskop, khususnya bakteri, fungi, alga mikroskopik, protozoa, dan Archaea. Virus sering juga dimasukkan walaupun sebenarnya tidak sepenuhnya dapat dianggap sebagai makhluk hidup.

Penerapan mikrobiologi pada masa kini masuk berbagai bidang dan tidak dapat dipisahkan dari cabang lain karena diperlukan juga dalam bidang farmasi, kedokteran, pertanian, ilmu gizi, teknik kimia, bahkan hingga astrobiologi dan arkeologi.

Jadi dapat disimpulkan, taksonomi dan mikrobiologi merupakan cabang biologi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mengidentifikasi jenis-jenis mikroba penyebab penyakit (C)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url