Download Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Belajar SD SMP SMA SMK Sederajat

Download Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka Belajar - Aplikasi Raport Sekolah Penggerak sangat diperlukan bagi sekolah yang mengikuti program sekolah penggerak dan sekolah dengan kurikulum merdeka belajar. Sekolah penggerak menerapkan kurikulum sekolah penggerak yang saat ini merupakan hal yang baru sehingga masih belum banyak yang membuat aplikasi raport.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi info tentang Aplikasi Raport Sekolah Penggerak Jenjang SD, SMP, SMA, SMK, yang dapat didownload dan digunakan secara cuma-cuma aliar gratis.

Aplikasi Raport Sekolah Penggerak atau juga yang bisa disebut dengan Aplikasi Raport Sekolah Penggerak (SP) adalah aplikasi hasil kreasi dari Bapak I Nyoman Pasek, S.Pd, M.Pd.

Beliau adalah seprang Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 4, yang mengembangan aplikasi ini kemudian diberi nama "Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak (Rapor-SP)". Aplikasi ini merupakan aksi nyata implementasi peran dan nilai guru penggerak di lingkungan pendidikan.

Aplikasi ini secara teknis sama dengan aplikasi eRaport SD berbasis web yang terintegrasi dengan aplikasi Dapodik.

Dengan adanya integrasi ini maka guru tidak perlu menginput ulang data nama siswa sehingga akan mempermudah dan mempercepat pekerjaan.

Rilis Versi Terbaru SP V.2022

Aplikasi Rapor SP V.2022 merupakan aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk manajemen penilaian dan menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada satuan pendidikan jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK yang melaksanakan Kurikulum Merdeka (Kurikulum Prototipe).

Rapor SP dikembangkan dengan mengacu pada kaidah-kaidah sistem penilaian pada Panduan Penyelenggaraan Sekolah Penggerak.

Rapor SP terintegrasi dengan aplikasi Dapodik melalui webservices Dapodik.

Catatan dari Developer

Aplikasi Rapor SP adalah aplikasi/perangkat lunak berbasis web yang berfungsi untuk manajemen penilaian dan menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada satuan pendidikan jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK yang melaksanakan Kurikulum Sekolah Penggerak.

Aplikasi Rapor SP dikembangkan dengan mengacu pada kaidah-kaidah sistem penilaian pada Panduan Penyelenggaraan Sekolah Penggerak

Aplikasi Rapor SP dikembangkan oleh I Nyoman Pasek, S.Pd, M.Pd (CGP Angkatan 4 Kabupaten Karangasem Provinsi Bali), sebagai salah satu wujud AKSI NYATA Program Pendidikan Guru Penggerak Tahun 2021

Aplikasi Rapor SP dapat didownload dan digunakan secara gratis bagi sekolah yang memerlukan aplikasi Rapor khususnya untuk sekolah penggerak

Selain mengintegrasikan dengan dapodik, Aplikasi Rapor SP juga dapat mengakomodir data guru yang belum terdaftar di dapodik serta dapat menyesuaikan data wali kelas dan pembelajaran secara lokal tanpa mempengaruhi aplikasi dapodik.

Dilarang keras memodifikasi dan memanfaatkan perangkat lunak ini untuk keperluan komersial. 

Versi Aplikasi: V.2022

I Nyoman Pasek, S.Pd, M.Pd

Panduan Update Aplikasi Rapor SP V.2022:

Untuk pengguna Rapor-SP versi 2021.a
Untuk sekolah yang sebelumnya sudah melakukan instalasi rapor-sp versi 2021.a lakukan langkah-langkah berikut :
  1. Tutup aplikasi rapor sp
  2. Download Updater Rapor-SP V.2021.a to 2022
  3. Matikan antivirus selama proses instalasi.
  4. Install Updater Rapor-SP V.2021.a to 2022 (tunggu hingga selesai)
  5. Bersihkan cookies dan cache pada browser
  6. Selesai, silahkan dicoba untuk diakses lagi sesuai panduan.
Untuk pengguna baru
Untuk sekolah yang baru menggunakan, silahkan lakukan langkah-langkah berikut.
  1. Download instaler Rapor-SP V.2022
  2. Matikan antivirus selama proses instalasi.
  3. Pastikan bahwa anda menggunakan Windows 64bit dan terinstall browser yang fresh (rekomendasi tanpa plugin)
  4. Install aplikasi Rapor-SP V.2022 (Run As Administrator)
  5. Tunggu sampai proses instalasi selesai
  6. Restrat kompoter (jika diperlukan)
  7. Selesai, silahkan dicoba untuk diakses lagi sesuai panduan.
User dan password admin standar adalah (user : administrator Password : administrator)

NB : Untuk sementara memakai aplikasi rapot sekolah penggerak karena isi di dalamnya sama dengan kurikulum merdeka 2022. Apabila ada update terbaru, maka admin akan perbarui laman dan aplikasi. Terima kasih atas kunjungannya.

Silahkan klik di bawah ini
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url