KELAINAN PENYAKIT SISTEM HORMON DAN PENYEBAB YANG PALING BENAR

Kelainan Penyakit Sistem Hormon dan Penyebabnya Yang Paling Sesuai Adalah - Hay sobat bermanfaat my id, kesempatak kali ini admin akan membahas tentang masalah hormon sehingga menyebabkan beberapa penyakit yang bisa membuat masalah pada tumbuh kembang manusia. Oke langsung saja kita lihat apa saja kelainan penyakit yang ditimbulkan dari kekurangan dan kelebihan hormon. 

Kelainan Penyakit Sistem Hormon

Berikut adalah beberapa macam hormon dan kelainan yang disebabkan oleh kekurangan maupun kelebihan kadar hormon tersebut.
  • Hormon vasopresin yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis lobus poterior. Kekurangan hormon ini menyebabkan diabetes insipidus.
  • Hormon somatotrofin ( hormon pertumbuhan) yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis. Kekurangan hormon ini menyebabkan kretinisme (kekerdilan). Sedangkan kelebihan hormon ini menyebabkan gigantisme (tubuh raksasa) dan akromegali (pertumbuhan ujung-ujung tulang pipa ke arah samping).
  • Hormon tiroksin yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid atau kelenjar gondok. Kekurangan hormon ini menyebabkan kretinisme dengan pertubuhan jasmani dan kecerdasan terhambat. Kelebihan hormon ini menyebabkan basedowi. Selain itu, kelebihan hormon ini saat mas pertumbuhan juga dapat menyebabkan gigantisme.
  • Hormon parathormon yang dihasilkan oleh kelenjar paratiroid. Kekurangan hormon ini dapat menyebabkan kekejangan otot.
  • Hormon insulin yang dihasilkan kelenjar pankreas. Kekurangan hormon ini menyebabkan penyakit diabetes melitus (kencing manis).

Soal :

Kelainan (penyakit) sistem hormon dan penyebab yang paling benar, adalah....

A. gondok disebabkan oleh hiposekresi aldostreron
B. gigantisme disebabkan oleh hipersekresi
C. akromegali disebabkan oleh hipersekresi somatotropin
D. diabetes mellitus disebabkan oleh hipersekresi adrenalin
E. Addison disebabkan oleh hiporsekresi insulin

Jawaban :

B. gigantisme disebabkan oleh hipersekresi

Pembahasan :

Gigantisme adalah akibat kelebihan (hipersekresi) hormone somatotropin (STH) selama masa remaja sebelum penutupan cakram epifisis yang menyebabkan pertumbuhan tulang panjang berlebihan.

Nah itu tadi pembahasan dan contoh soal serta jawabanya lengkap. Masalah hormon ini dikarenakan karena kekurangan dan kelebihan masalah hormon. Terima kasih atas kunjungannya guys. Jangan lupa untuk share informasi yang bermanfaat ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url