PEMBERIAN ASI KEPADA BAYINYA MERUPAKAN USAHA UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS SECARA ?

Berikut Jawaban Pemberian ASI Kepada Bayinya Merupakan Usaha Untuk Meningkatkan Imunitas Secara - Hay guys, kali ini kita akan membahas tentang ASI (Air Susu Ibu) yang dimana termasuk imunitas pasif ya !. Kira-kira apa pentingnya ASI bagi bayi ya guys ? Yuks kita simak penjelasan dari ahlinya kesehatan dunia. Bahwasannya WHO merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama. Ibu menyusui sebaiknya melanjutkan pemberian ASI hingga anak berusia dua tahun, disertai dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Alasannya adalah karena ASI merupakan sumber utama nutrisi bayi. ASI mengandung lemak, protein, gula, enzim, antibodi, dan sel-sel darah putih yang dibutuhkan oleh tubuh bayi untuk membangun sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh agar kuat melawan berbagai virus, penyakit, dan infeksi.

Bayi dengan sistem imunitas yang rendah cenderung mudah terserang penyakit sehingga pertumbuhan dan perkembangannya menjadi terganggu. Penyakit yang sering menyerang bayi dengan sistem imunitas rendah, antara lain asma, eksim, dan berbagai jenis alergi lainnya. Bayi juga menjadi sensitif berlebihan terhadap debu, cuaca, makanan, dan beragam jenis obat.

Tidak hanya menjaga imunitas tubuh bayi, ASI yang diberikan oleh ibu ternyata juga memiliki manfaat bagi tubuh anak bahkan jauh setelah masa menyusui selesai. Anak dan remaja yang saat bayi diberikan asupan ASI ekslusif terbukti memiliki risiko lebih rendah untuk terkena serangan kanker, diabetes tipe 1 dan 2, radang usus, dan tekanan darah tinggi.

Soal :

Pemberian ASI kepada bayinya merupakan usaha untuk meningkatkan imunitas secara ....

A. aktif buatan
B. aktif alami
C. pasif buatan
D. pasif alami
E. tradisional

Jawaban :

D. Pasif alami

Pembahasan :

Imunitas adalah kekebalan tubuh yang dihasilkan dari produksi antibodi spesifik yang dikhususkan untuk antigen tertentu. Imunitas terdiri dari dua jenis yaitu:

1. Imunitas aktif

Yaitu kekebalan tubuh yang didapat setelah tubuh kemasukan antigen dari penyakit tertentu. Tubuh akan memproduksi antibodi khusus untuk penyakit tersebut, sehingga jika antigen tersebut masuk kembali tubuh akan menjadi kebal. Imunitas aktif dibagi menjadi dua yaitu:
a. Imunitas aktif alami yaitu imunitas yang didapat setelah terserang suatu penyakit
b. Imunitas aktif buatan yaitu imunitas yang didapat setelah mendapat vaksin.

2. Imunitas pasif

Adalah kekebalan tubuh yang didapat setelah tubuh mendapat antibodi dari luar. Imunitas pasif dibagi menjadi dua yaitu:
a. Imunitas pasif alami yaitu imunitas yang didapat setelah tubuh mendapatkan ASI.
b. Imunitas pasif buatan yaitu imunitas yang didapat setelah tubuh mendapat suntikan antibodi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url