CARA PEMBAGIAN JAM KURIKULUM MERDEKA SMP SMA SMK

Berikut Ini Cara Pembagian Jam Guru Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Pada Jenjang SMP SMA SMK - Hai berjumpa lagi dengan admin, kali ini admin akan membahas tentang bagaimana sebenarnya penerapan jam mengajar yang akan menjadi beban Guru dalam KBM dan Terhitung di Dapodik. Sehingga pembagian jam ini tidak mengganggu jam sertifikasi atau tunjangan profesi guru.

Kita Bahas Pada Jenjang SMA sebagai contoh. Dalam jenjang SMA disebutkan dalam Pedoman Kurikulum Merdeka Revisi No. 262 sebagai revisi dari No. 56 yang terbit pada 22 Juni 2022. Disebutkan bahwa untuk Fase E pada kelas X adalah sebagai berikut :
Penghitungan JP pada IKM Fase E

Dari gambar yang saya tampilkan di atas, bisa dilihat salah satu mata pelajaran "Bahasa Indonesia" mendapatkan alokasi jam "Intra" (masuk kelas) sebanyak 3 Jam Pelajaran @45 menit dalam 1 JP. Akan tetapi pada penghitungan di "Dapodik Versi Terbaru" akan dihitung 4 JP. Karena 3 JP intra + 1 JP Projek Pelajar Pancasila atau istilah kerennya P5 yang dilakukan secara "Kokurikuler" atau diluar kelas. Jadi saat pembagian tugas jam pelajaran jangan hanya pada poin JP intrakurikuler saja, namun digabung juga JP kokurikuler, sehingga akan muncul penghitungan jam yang relevan dengan beban tugas Guru Mata Pelajaran.

Untuk penghitungan pembagian tugas mengajar Guru SMA seperti ini :
  • Asumsi 1 Tahun Pelajaran 36 Minggu
  • Jumlah total JP setahun untuk kelas X SMA adalah 1.584 (Intra + Kokur/ P5)
  • 1.584 terdiri dari 1.098 (Intra) + 486 (P5) dalam setahun.
Jumlah Total JP di SMA Kurikulum Merdeka

Oke sekarang kita berdasar data di atas, dan kita coba Implementasikan / Aplikasikan dalam pembelajaran sistem per 3 bulan sekali akan dilaksanakan P5, dengan penghitungan sebagai berikut.
  • 486 JP (P5) dibagi 36 Minggu (1 Tahun) = 13.5 pelaksanaan dalam 1 Minggu 
  • Kemudian 15 Mapel (Intra) dalam 1 Minggu ada 32 Jam diluar Mulok
  • Jadi total dalam 1 Minggu ada 45.5 JP (Terlalu banyak, karena pada 6 hari kerja dan Kelas XI & XII sebanyak 44 JP / Minggunya). 
  • Jika dilaksanakan per Minggu setiap hari Senin - Kamis (Intra) dan Jumat - Sabtu (P5) maka tidak efektif
Sekarang kita hitung supaya dapat 3 bulan sekali pelaksanaan P5 nya. Dengan cara seperti ini :
  • Jadi semua Mapel yang ada P5 nya (kecuali Mulok), kita gabungkan saja Intra + P5 nya , misal Bahasa Indonesia 3 JP + 1 JP , jadi total ada 4 JP dan Beban 1 Tahun ada 108 untuk Intra, jadi nanti akan sampai pada bulan Februari saja atau berhenti pada Minggu 27 saja. Sama persis pada mapel PKN yang hanya 27 Minggu/ Tahun.
  • Total 1.188 JP/Tahun dengan menambahkan beberapa JP P5 ke Beberapa Mapel sehingga bisa sama 27 Minggu Pembelajaran Intra Selesai
  • Sisa 36 Minggu - 27 Minggu = 9 Minggu
  • Rincian 1.584 JP/ Tahun - 1.188 JP/Tahun = 396 JP (P5) dilaksanakan bersama-sama dengan Guru Mapel sebanyak 15 Mapel pada 3 Minggu setiap 3 Bulan sekali.
  • 9 Minggu ini yang akan kita gunakan P5 (3 Topik) dengan hitungan masing-masing topik mendapatkan alokasi waktu 3 Minggu (1 Topik)
  • Rincian 396 JP (P5) : 9 Minggu = 44 JP/ Minggu
  • Rincian 1.188 JP (Intra+P5 sebagian Mapel) : 27 Minggu = 44 JP/Minggu
Nah setalah jumlah yang sudah sesuai dan pas selama 36 Minggu/Tahun, maka sebagai contoh penghitungannya bisa dilihat dibawah ini. 
Contoh Implementasi Kurikulum Merdeka SMA

Namun tidak mutlak harus seperti itu, bisa saja pelaksanaan P5 setiap Bulan sekali karena ada 9 Minggu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url