FORMAT PROGRAM TAHUNAN PROGRAM SEMESTER PEKAN EFEKTIF KURIKULUM MERDEKA

Download Format Program Tahunan Program Semester Pekan Efektif Kurikulum Merdeka SD SMP SMA SMK - Hai sobat bermanfaat, kali ini admin akan memberikan contoh format untuk Bapak dan Ibu Guru untuk melengkapi administrasi Kurikulum Merdeka, ingat biasanya Bulan Agustus adalah Final Administrasi Guru. Jadi silahkan lengkapi mulai sekarang. Oke sekarang kita lanjut saja ke pembahasan inti dari artikel ini. Adapun contohnya dan pembahasannya ada di bawah ini.
Program Tahunan (Prota) SD SMP SMA SMK

Program adalah sederetan kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam pengertian program tahunan terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan tentang pengertian tersebut.

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.

Dalam program perencanaan menetapkan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar yang harus dicapai, disusun dalam program tahunan. Dengan demikian, penyusunan program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk setiap kompetensi dasar.

Program Semester (Promes) SD SMP SMA SMK

Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, praktikum, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya.

Dalam program semester dipakai satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk menyatakan lamanya satu program pendidikan. Masing-masing program semester sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri.

Program semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan.

Pada umumnya program semester ini berisikan tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.

Pekan Efektif SD SMP SMA SMK

Pekan efektif adalah hitungan hari-hari efektif yang ada pada tahun pelajaran berlangsung untuk mengukur kegiatan pembelajaran di sekolah.

Berikut Cara Menyusun Prota Promes Pekan Efektif

Peyusunan Program Tahunan (Prota)

1. Menelaah kalender pendidikan, dan ciri khas sekolah/madrasah berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.

2. Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif, belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur diantaranya :

- Jeda tengah semester
- Jeda antar semester
- Libur akhir tahun pelajara
- Hari libur keagaman
- Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional
- Hari libur khusus

3. Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan memasukkan dalam format matrik yang tersedia.

4. Medistribusikan olokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada setiap KD dan topik bahasannya pada minggu efektif, sesuai ruang lingkup cakupan maeri, tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut, serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.

Penyusunan Program Semester (Promes)

1. Memasukkan KD, topik dan sub topik bahasan dalam format Program Semester
2. Menentukan jumlah jam pada setiap kolom minggu dan jumlah tatap muka per minggu untuk mata pelajaran
3. Mengalokasikan waktu sesuai kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada kolom minggu dan bulan.
4. Membuat catatan atau keterangan untuk bagian-bagian yang membutuhkan penjelasan.

Penyusunan Pekan Efektif

Cara menentukan Pekan efektif :

1. Menentukan jumlah minggu selama satu tahun.
2. Menghitung jumlah minggu tidak efektif selama 1 tahun.
3. Menghitung jumlah minggu efektif dengan cara jumlah minggu dalam 1 th dikurang jumlah minggu tidak efektif
4. Menghitung jumlah jam efektif selama satu tahun dengan cara jumlah minggu efektif dikali jumlah.

Nah itu tadi pembahasab tentang bagaimana cara menyusun prota promes dan pekan efektif, serta contoh format program tahunan kurikulum merdeka, program semester kurikulum merdeka, pekan efektif kurikulum merdeka. Untuk mempermudah menentukan desainnya, bisa di Download di bawah ini.

Download Program Tahunan Kurikulum Merdeka
Download Here
Download Program Semester Kurikulum Merdeka
Download Here
Download Pekan Efektif Kurikulum Merdeka
Download Here
Next Post Previous Post
3 Comments
  • Anonim
    Anonim 25 September 2022 pukul 12.08

    TERIMA KASIH, SANGAT MEMBANTU

  • Anonim
    Anonim 6 Oktober 2022 pukul 20.02

    TERIMAKASIH KAKAK

  • Anonim
    Anonim 9 Januari 2023 pukul 12.30

    Syukran Katsir... ,

Add Comment
comment url