Mengapa Sunan Kudus Memutuskan Melarang Untuk Menyembelih Sapi Pada Saat Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Di Wilayah Kudus Dan Sekitarnya? Jelaskan! (Soal PAI Hal.305-308 Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka)

Mengapa Sunan Kudus memutuskan melarang untuk menyembelih sapi pada saat pelaksanaan hari raya Idul Adha di wilayah Kudus dan sekitarnya? Jelaskan! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Halo kawan-kawan pelajar semuanya, sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena sudah berkenan mampir di website saya ini, di website bermanfaat.my.id ini saya akan membagikan berbagai macam hal yang menarik dan tentunya bermanfaat untuk kawan-kawan semuanya.
Spesial untuk artikel kali ini, saya akan membagikan pembahasan soal dari soal-soal mata pelajaran jenjang SMA/SMK, lebih tepatnya yakni pembahasan soal untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka. Dengan adanya pembahasan soal di artikel ini, saya berharap dapat membantu dan bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Langsung saja berikut ini pembahasan soalnya.
Pembahasan Soal PAI Halaman 305-308 Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka
Soal Esay/Uraian :
Mengapa Sunan Kudus memutuskan melarang untuk menyembelih sapi pada saat pelaksanaan hari raya Idul Adha di wilayah Kudus dan sekitarnya? Jelaskan!

Jawaban :
Sunan Kudus memutuskan melarang untuk menyembelih sapi pada saat pelaksanaan hari raya Idul Adha di wilayah Kudus dan sekitarnya karena merupakan suatu bentuk toleransi, penghormatan dan juga penghargaan kepada umat Hindu, sehingga pada saat pelaksanaan hari raya Idul Adha Sunan Kudus melarang atau tidak memperbolehkan umat Islam untuk menyembelih sapi, hewan yang dianggap keramat dan juga suci bagi umat Hindu.

Pembahasannya :
Sunan Kudus adalah salah satu dari sembilan wali yang menyebarkan agama Isalm di tanah Jawa. Nama aslinya yaitu Sayyid Ja’far Shadiq Azmatkhan. Beliau diperkirakan lahir pada sekitar tahun 1500 M. di daerah Jipang Panolan, di sebelah utara kota Blora, wafat pada tahun 1550 M. dan dimakamkan di Kudus, Jawa Tengah. Ayahnya yaitu Sunan Ngudung dan ibunya bernama Syarifah. Apabila diurutkan nasabnya, Sunan Kudus merupakan keturunan ke-24 dari Nabi Muhammad Saw.

Baiklah kawan-kawan, demikian tadi pembahasan soal PAI mengenai “Mengapa Sunan Kudus memutuskan melarang untuk menyembelih sapi pada saat pelaksanaan hari raya Idul Adha di wilayah Kudus dan sekitarnya? Jelaskan!”. Saya berharap artikel di atas dapat bermanfaat untuk kawan-kawan semua, dan untuk pembahasan soal pada mata pelajaran lainnya akan saya share/bagikan di artikel berikutnya, jadi selalu ikuti terus artikel terbaru di website ini ya kawan-kawan. Sekian dari saya dan terimakasih, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url